Jangan Lewatkan 4 Tempat Kuliner Menggoyang Lidah Ini!

Sebagai seseorang yang tiap mudik selalu ke Padang, gue merasa bahwa Padang menjadi kota tujuan gue selama 21 tahun gue hidup di dunia yang fana ini. Ga ada tujuan lain tiap kali mudik. Selalu ke Padang. Ataupun ke daerah sekitar Padang yang masih masuk dalam wilayah Sumatera Barat. Kadang pengen gitu kan sesekali mudik ke rumah mama kamu. Bareng kamu. Ehe.

Apalagi di tempat gue tinggal sekarang, banyak banget euy rumah makan padang.
Bicara soal Padang dan sebagai manusya yang doyan makan, kuliner memang menjadi daya tarik utama kota Padang. Namun selain rendang dan beragam masakan lezat lainnya yang banyak tersedia di rumah makan padang, apa lagi yang kalian tahu soal sajian nikmat khas Tanah Minang?

Kenyataannya, ibu kota Sumatera Barat ini memiliki beragam kuliner lain yang tak kalah menggoyang lidah. Mulai dari makanan berat hingga kudapan yang juga membuat ketagihan, semua ada tersedia.
Sayangnya, tidak semua sajian ini dapat dinikmati dengan mudah di luar Padang. Karena itu bila manteman berkesempatan untuk berkunjung ke kota yang merupakan pintu gerbang nusantara dari Samudera Hindia ini, jangan sia-siakan menyinggahi tempat-tempat berikut untuk kuliner Minang ternikmat dan terdahsyat. Namun sebelum liburan, jangan lupa untuk cek harga tiket pesawat terbaik ke kota yang satu ini ya.






Sate Danguang-Nguang



Manteman mungkin udah pernah mengenal kuliner sate padang: tusukan daging sapi yang disiram dengan bumbu gurih nan tajam berwarna kemerahan dengan sensasi pedas yang nikmat. Namun selagi di Padang, jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati olahan daging sapi lainnya yang tak kalah nikmat, sate danguang-nguang.
Sumpah, tiep kali makan ini, gue ngerasa lupa akan betapa kejamnya dunia.
Meski sama-sama berasal dari Tanah Minang, sate danguang-nguang memiliki bentuk dan rasa yang berbeda dibandingkan sate padang. Kuah santannya berwarna kuning lantaran kunyit yang digunakan. Di samping itu, kombinasi rempah seperti jahe, lengkuas, dan ketumbar berpadu sempurna dengan sedikit gula aren yang membuat bumbunya agak manis. Aku dan kamu juga termasuk kombinasi yang sempurna lho. hhh~
Coba deh datang ke tempat makan populer Sate Dangung-Nguang yang berada di Jalan Lintas Sumbar Riau, Payukumbuh. Di tengah dinginnya sikapmu, emm maksudnya di tengah dinginnya suhu Kota Padang di malam hari, seporsi kuliner ini akan membantu menghangatkan tubuh.



Sate Mak Syukur




Satu lagi nih gaes, hidangan berupa sate yang sayang untuk dilewatkan ada di Sate Mak Syukur. Beralamat di Jalan Sutan Syahrir No. 250 Silaing Bawah, Padang Panjang Barat, tempat makan ini populer di kalangan masyarakat maupun wisatawan.
Secara umum, sate yang disajikan di tempat ini nggak jauh berbeda dengan sate danguang-nguang. Yang membedakannya adalah jenis daging yang dipilih. Bila di Sate Danguang-Nguang daging yang banyak digunakan adalah dari otot dan jeroan, maka sate di Mak Syukur lebih banyak menggunakan bagian punuk sapi.



Nasi Kapau Uni Lis





Lengkapi perjalanan ke Sumatera Barat dengan mengunjungi Bukittinggi. Kendati jarak yang harus ditempuh dari Padang nyaris 100 kilometer, wilayah yang terkenal dengan ikon Jam Gadang ini memiliki kuliner lezat yang sayang disia-siakan: nasi kapau.
Sekilas, nasi kapau tidak jauh berbeda dengan nasi padang pada umumnya. Namun dari segi penyajian, nasi kapau diletakkan di atas meja yang lebih rendah daripada penjual, sementara nasi padang dipajang lebih tinggi di etalase. Selain itu, salah satu sajian andalannya adalah gulai kapau yang berwarna kuning dan sedikit asam. Sajian ini dapat dinikmati dengan lauk lainnya.
Ada banyak warung nasi kapau yang dapat ditemui di Bukittinggi. Walaupun begitu, jika ingin mencicipi yang paling lezat, Nasi Kapau Uni Lis pilihannya. Lokasinya berada di Jalan Pemuda No. 33 Aur Tajungkang Tengah Sawah, Guguk Panjang, Bukittinggi.



Es Durian Ganti Nan Lamo




Bila ingin hidangan yang segar, kini saatnya singgah ke Es Durian Ganti Nan Lamo. Tempat kuliner yang menyajikan makanan penutup alias dessert menggoda ini sudah ada sejak tahun 1960.
Es Durian Ganti Nan Lamo telah dijalankan oleh beberapa generasi. Meski begitu, kelezatannya tetap terjaga hingga kini. Maka dari itu, nggak heran kalo banyak orang yang mengunjungi gerai di Jalan HOS Cokroaminoto No. 31 B Sumatera Barat ini untuk melegakan kerongkongan tanpa merogoh kocek dalam-dalam.


Nah, itulah beberapa rekomendasi tempat kuliner di Padang yang patut untuk dikunjungi. Selain nikmat dan khas, para pemirsa yang budiman jangan khawatir, karena harga yang ditawarkan pun  nggak akan membuat kantong jebol.

Juga dengan tiket pesawat ke Padang. Kini melalui Airy Rooms, lanjalan ke Tanah Minang menjadi lebih mudah dan hemat. Dengan beragam tiket promo dari maskapai terbaik, liburan jadi semakin menyenangkan.
Selamat berburu kuliner Padang!



Share this:

ABOUT THE AUTHOR

HALLO, GUE RAHAYU WULANDARI. SEORANG ATLET RENANG TERHEBAT SAAT MENUJU OVUM DAN BERHASIL MENGALAHKAN MILYARAN PESERTA LAINNYA. BLOGGER YANG SUKA CURHAT ABSURD DAN RANDOM. PECINTA JENGKOL DAN SENYUMAN KAMU.

20 komentar:

  1. itu kalo makan sate, makan tusukannya doang boleh engga?

    nasi kapau diletakkan di atas meja yang lebih rendah daripada penjual, sementara nasi padang dipajang lebih tinggi di etalase
    kasian ya mereka para nasi terpisah antar jarak, seandainya tidak terpisah itu mungkin tidak ada yang namanya rindu itu berat

    itu es durian dibuatnya pake es?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleeh. Untuk bg niki semua bolee

      YAWLAA NGAPA CURHAT YAWLAAA

      Engga bang. Dibuatnya pake rindu.

      Hapus
  2. Sate danguang-nguang.. baru denger ya alloh. sodaranya satu usus kali ya... tapi yg namanya sate, biasanya enak~ dijaidin dangdut aja enak kalo sate mah. sateeean lama~ aku menunggu~ untuk kedatnganmu~

    BalasHapus
    Balasan
    1. ITU SEKIAAAAANNN YAWLAAAA
      JANGAN MEMANCING AMARAH PAGI-PAGI YA BHANG
      CUKUP SUDAH KAMU BERIKAN AKU AIR MATA:'(

      Hapus
  3. es durian favorit banget, ngiler dah semuanya hehe

    BalasHapus
  4. Namanya unik, Danguang-nguang~ Berarti makannya kudu habis, ya, jangan dinguang-nguang (buang-buang, maksa euy). Wqwq.

    Selain Es Ganti Nan Lamo, apakah ada Es Rani dan Agus? Duh, kenapa malah nama tokoh itu yang muncul. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Danguang is dengung (berdengung)
      Huahahaha maksa amat yawlaaa

      Es Rani dan Agus ada di akbaryoga.com

      Hapus
  5. coba aja kuliner itu semua tersebar juga di pulau jawa. ngiler :(

    BalasHapus
  6. Kalo sate padang campur ws durian mantap kali ya.. hmm

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba aja kakak dulu yang makan sate padang campur ws durian hihi

      Hapus
  7. Es duriannya menggoda... nyessss

    BalasHapus
  8. Kalau aku main kesana, diajak nyobain semua kuliner ini kan, Lan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. otentu saja dong. Apasih yang engga buat mayang :*

      Hapus
  9. Es duriannya menggoda banget. Saya suka durian, apalagi diolah kayak gini atau dibikin sop durian. Eh disana ada sop durian gak?

    BTW itu sate Mak Syukur, berarti istrinya pak Syukur yaaa....

    Udah berapa taun gak mampir kesini, banyak yang berubah, mirip Kota Jakarta, banyak yang berubah

    BalasHapus
  10. 4 makanannya sangat recomended banget.. :)

    BalasHapus
  11. BROKER TERPERCAYA
    TRADING ONLINE INDONESIA
    PILIHAN TRADER #1
    - Tanpa Komisi dan Bebas Biaya Admin.
    - Sistem Edukasi Professional
    - Trading di peralatan apa pun
    - Ada banyak alat analisis
    - Sistem penarikan yang mudah dan dipercaya
    - Transaksi Deposit dan Withdrawal TERCEPAT
    Yukk!!! Segera bergabung di Hashtag Option trading lebih mudah dan rasakan pengalaman trading yang light.
    Nikmati payout hingga 80% dan Bonus Depo pertama 10%** T&C Applied dengan minimal depo 50.000,- bebas biaya admin
    Proses deposit via transfer bank lokal yang cepat dan withdrawal dengan metode yang sama
    Anda juga dapat bonus Referral 1% dari profit investasi tanpa turnover......

    Kunjungi website kami di www.hashtagoption.com Rasakan pengalaman trading yang luar biasa!!!

    BalasHapus
  12. BROKER TERPERCAYA
    TRADING ONLINE INDONESIA
    PILIHAN TRADER #1
    - Tanpa Komisi dan Bebas Biaya Admin.
    - Sistem Edukasi Professional
    - Trading di peralatan apa pun
    - Ada banyak alat analisis
    - Sistem penarikan yang mudah dan dipercaya
    - Transaksi Deposit dan Withdrawal TERCEPAT
    Yukk!!! Segera bergabung di Hashtag Option trading lebih mudah dan rasakan pengalaman trading yang light.
    Nikmati payout hingga 80% dan Bonus Depo pertama 10%** T&C Applied dengan minimal depo 50.000,- bebas biaya admin
    Proses deposit via transfer bank lokal yang cepat dan withdrawal dengan metode yang sama
    Anda juga dapat bonus Referral 1% dari profit investasi tanpa turnover......

    Kunjungi website kami di www.hashtagoption.com Rasakan pengalaman trading yang luar biasa!!!

    BalasHapus

Komentarnya ditunggu kakak~