Ngomongin Makanan

Senin, Februari 15, 2016
Hai gengs, gimana palentainnya? Dapat cokelat? Enggak ya? Hahaa
Jomblo. Hih.

Seperti yang pernah gue tulis di postingan sebelumnya, mengenai tulisan bertema WIDY, kali ini gue akan mencoba menulis dengan tema makanan. Agak bingung juga mau mulai darimana, mau mulai dari awal, tapi semuanya udah keliatan jelas. Gue juga nggak mau sih kecewa dan disakiti berulang kali.
Hmm.

Ini bakal menjadi postingan pertama tentang makanan yang ada di blog gue. Berbeda dengan blognya mba Nita, yang setiap kali gue ke sana, bawaanya bikin gue pengen ngetik komentar sambil ngelap iler.

Gue mirip percis kayak Icha, yang selalu bangga punya tubuh pas-pasan meskipun doyan makan. Kalau Icha kebanyakan makan, gemuknya lari ke pipi. Bikin orang-orang ngeliatnya jadi gemes. Pipinya minta digigit.
Lah gue, kalo banyak makan, gemuknya entah lari ke mana. Mentok-mentok larinya ke wc. Ibaratnya kalo gue makan, makanannya cuma numpang lewat doang.
Gue pengen banget gemuk. Karena itu beberapa bulan belakangan ini gue rajin banget minum susu. Susu duo serigala. Maksudnya susu kaleng dari duo serigala.
Tapi tetep ae gue nggak gemuk-gemuk.


***
Meskipun gue selalu berusaha untuk menggemukkan badan, gue nggak pernah makan nasi sampe sebakul. Gue malah jarang makan nasi. Lebih sering ngemil dan beli jajanan di luar. Terkecuali nasi dengan lauk jengkol.
Gue pecinta jengkol garis keras. Gue pernah ikut dengan Ibu ke pasar, dan gue menyaksikan sendiri kalau Ibu membeli jengkol sampai menghabiskan uang 200 ribu. 200 ribu khusus untuk jengkol doang, belum cabe, belum bawang, sayuran, ikan-ikanan, yawloh. 

Saat diperjalanan pulang, sayup-sayup gue mendengar suara Ibu.
  ‘’ Seminggu ini kita makan jengkol ya Lan, ‘’
Gue cuma ngangguk dan senyum-senyum kecil. Bahagia banget rasanya.

Gue suka jengkol dalam bentuk sajian apapun. Gulai jengkol, sambal jengkol, goreng jengkol, semur jengkol, rendang jengkol apalagi sambalado tanak jengkol. Subhanallah nikmatnya.

Sambalado tanak jengkol ini merupakan makanan dari Sumatera Barat. Rasanya lebih seperti rasa gulai jengkol, tapi secara fisik keliatan seperti rendang jengkol.
Gue suka tekstur lembut pada jengkol. Ada sensasi nikmat disetiap gigitan yang gue rasakan. Kenyal, empuk, maknyus. Ayam kaepci mah kalah.
Meskipun Ibu menggoreng ayam atau ikan selain memasak jengkol, entah kenapa gue lebih memilih untuk hanya memakan jengkol dengan pasangannya nasi.
Jengkol aja ada pasangannya, masak kamu enggak?



                                                       




Dulu nih ya, dulu. Duluuuuuuuuuuu banget.
Dulu waktu gue punya pacar, waktu ada yang pernah khilaf rela jadi pacar gue, waktu ada yang perhatiin gue, waktu ada yang nanya ‘udah makan belum? ‘ ke gue, waktu ada yang peduli ke gue, waktu itu pokoknya gue punya pacar deh. 

Gue selalu kesel setiap kali Ibu memasak jengkol di hari Sabtu.
Itu tuh bikin gue dilema parah. Dilain sisi gue udah ngiler pengen nyomot jengkol anget-anget yang baru diangkat dari kuali, dilain sisi lagi gue mikir kalo nanti malam sang pacar bakal ngapelin gue.
Berhubung ketemunya cuma seminggu sekali, gue nggak mau merusak pertemuan itu dengan nafas yang bau naga. Enggak mau.
Akhirnya dengan berat hati, gue menutup kembali tudung saji dan langsung masuk kamar. Kelaperan sampai ketiduran.
Ini semua demi pacar. Demi pacar gue harus rela menahan nafsu untuk segera memakan jengkol masakan Ibu. Demi pacar dan demi keharmonisan hubungan gue dan dia kelak.
Yaa walaupun pada akhirnya gue tetep aje jomblo.


Sambalado tanak jengkol. Gue memotret ini, sesaat sebelum makan nikmat gue terhenti
karena ada telefon masuk dari om-om gadun. Oke.



'' Jangan pernah mengabaikan jengkol demi pacar. Pacar bisa berkhianat, tetapi jengkol tidak. ''

-Wulan, 19 th, calon ibu bagi anak-anakmu kelak.






67 komentar:

  1. Ya alloh di pragraf pertama pembahasannya sampe bawa-bawa tete duo serigala, lan x__x

    Eh kamu suka jengkol juga ternyata? enak yah haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha itu khilaf, mba Wid.

      Iya mba, mba suka juga? Iya enak wkwk

      Hapus
  2. kenapa sih makanan jengkol dinamain jengkol? kenapa juga jengkol itu mesti bau? engga wangi
    ya bolehlah jengkolnya sekali2 beraroma jeruk atau stoberi
    .
    sambalado tanak jengkolnya kayaknya enak tuh
    liat gambarnya aja udah ngiler
    usapin dong iler abang
    tenang dapet paha la kok
    itu nasinya ada berapa butir ya?

    BalasHapus
  3. Ya Tuhaann.. itu jengkol keliatannya enaakk bangeett.. duuhh.. jadi pengen makan jengkol..

    Demi pacar gak makan jengkol, meninggalkan hal yang disukai demi orang yang gak pasti.. duh, syalah tuh.. ckckk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaa Arum, kamu pecinta jengkol juga? Aaa kita sama.

      Hahaaa iya Rum, aku nyesel :'D

      Hapus
    2. Iya dong.. pete juga enak loh.. Ini malah promosi eehh.. Tapi sudah lama juga gak makan, gak enak sama temen sekosan :(

      Hehehe

      Hapus
  4. Kulinernya ekstrim juga ya, Mbak. :)))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu jengkol mas, bukan eskrim


      EH, APA TADI?

      Hapus
  5. --
    Sebut pembaca jomblo.
    Sendirinya juga jomblo.:p

    Btw lu kan punya susu juga. Kenapa harus ke susu duo serigala?
    Daripada susu lu nggak dimanfaatin sini kasih gue biar jadi teman bobo. :p

    Eh, memang ada gadun yang kurus? :p

    Hmm. Paragraf setelah foto tanak jengkolnya kaya ngemis cinta mau punya pacar. :p
    Pilih dipacarin apa dinikahin? :p


    Hmm. Jengkolnya mirip ati ayam. Mau sih makan jengkol cuma belum kuat mental.
    Hahahahahaha.

    Gaes,yang mau lamar Wulan bawa saja jengkol satu troli. Pasti diterima,gaes. :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayo hitung, ada berapa jumlah emot melet gue di atas? Hahahahahah

      Hapus
    2. Ada 6, Dar.
      Pertanyaan lu gampang, ah.

      Coba nih, ya. Jawab pertanyaan aku.
      Lu kapan lamaran ke rumah Wulan?

      Huahahaha

      Hapus
    3. Lu ledekin gue jomblo, lu sendiri juga jomblo. Hih.

      Gue nggak punya susu. Hahaa

      Ada. Lu buktinya. Bhahahaa :P

      Kagak. Buat apa ngemis cinta, mending ngemis duit. Dapat duit bisa beli goreng.
      Pilih dibuktikan secara nyata. Hasek.

      Hahaa makan jengkol saja pakai persiapan mental :P
      Lemaaaahh

      Iya, pasti diterima.

      Hapus
    4. Hahahaa Dara sampai beneran dihitung segala :'D

      Yawloh, pertanyaan susah.

      Hapus
  6. Sama lan, gue juga bingung larinya kemana makanan yang gue makan, padahal kalo makan banyak tapi nggak nambah2 berat badan .. err
    ya kalo kata orang Jawa ..

    "Nek ancen prawakan kuru, mangan sego sak mejikom yo tetep kuru, nek prawakan lemu, mangan sak sendok yo bakal lemu"

    ngarti kagak lu ?? katanya pernah mondok di Madiun ?? bahahaha

    Waduh jengkol holic .. hmmm
    Cocok nih kalo lagi ngidam ayam, tapi nggak punya duit, jengkol bisa jadi solusi ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mangan sego sak mejikom. Ahahaaha
      iya iya bener, berbahagialah orang-orang yang kayak kita ya, Ka. Bisa bebas makan ini itu tanpa mikirin berat badan :D

      Gue ngerti. Hahaa

      Bhahaa iya bener, Ka. Pokoknya jengkol da bez

      Hapus
  7. Fokusku langsung pecah waktu kamu bahas susu duo serigala -_- kampret ini anak wkwkw :D

    EH, itu jengkol ._. tadi sekilas aku kira gudeg loh -_-

    Aku koook nggak suka jengkol ya -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fokus baaaanngg, fokuskan pikiranmu.

      Ke duo serigala.

      Lah mirip ya bang? Aku aja nggak tau gimana gudeg? hehee.
      Jadi lu sukanya apa bang?

      Hapus
    2. Fokus baaaanngg, fokuskan pikiranmu.

      Ke duo serigala.

      Lah mirip ya bang? Aku aja nggak tau gimana gudeg? hehee.
      Jadi lu sukanya apa bang?

      Hapus
    3. Hmm... Susah kalau udah berhubungan sama duo serigala mah :'

      Iyaaaa miriiip. sini deh ke jogja, cicipin :p

      Sukanya kamooooh~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

      Hapus
  8. Kenapa dulu pacarmu itu gak kamu tawarin makan malam lauk jengkol lan? Kan biar couple gitu, couple ber-aroma naga. Kan maknyuss...

    Endingnya dapet lan, bagus! jadi laper...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaa leh uga idenya bang. Besok coba ah sama pacar. Pacar orang.

      Bhahaa ayuk makan jengkol.

      Hapus
  9. yaaa! kita adalah jengkol! jengkol adalah kita! hidup kita! hidup jengkol! kuahnya jengkol itu nagih banget... aromanya, rasanya, haduh. seharusnya valentine nggak usah tuker-tukeran cokelat, tapi tuker-tukeran jengkol

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaaahh jengkol lovers juga nih. Iya bener, kita adalah jengkol.
      MERDEKA! YEAAH!

      Hahaa palentain tukeran jengkol. Sabi nih

      Hapus
  10. Gue nggak ngerti, emang jengkol enaknya di mana, ya? :(

    Uh, soal selera, sih, kalo ngomongin makanan mah. Ntaplah Wulan ikutan tulisan bertema meskipun rada telat. Ehehehe.

    Yosh, mending pilih makanan aja daripada pilih pacar. Karena pacar belum tentu bisa dimakan. (ini apa, sih?) Bodo, ah. \:D/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enaknya di lidah, Yog. Yawlooohh gue ngetik ini sambil bayangin jengkol, hahaa

      Bhahaa iya telat nih postingan gue. Sibuk bener.

      Sumanto kalo punya pacar, pasti pacarnya dimakan. (ini apa lagi, sih?)
      HAHHAAA

      Hapus
  11. Wulaaaaan. Pecinta jengkol?
    Cara makan jengkol itu gimana, Lan? Aku udah pernah nyoba untuk suka, tapi ya tetap aja nggak bisa. Mungkin, ini yang dinamakan, "Perasaan tidak bisa di paksakan". Hahaha.

    Tapi, kalau aku lagi di rumah, terus nggak ada lauk lain selain jengkol, ya mau nggak mau aku cuma ngambil kuahnya aja, di tambah kerupuk. Udah.

    Kamu enggak mau nambahin setangkup rindu, atau gimana gitu? Muehehehehe :D

    Eh, kopdar lagi yok!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Didiii. hahaa
      Ya dimakan aja, Di. Digigit, dikunyah, ditelan. Duuh mantap abis.
      Kamu nggak suka jengkol ya?
      Hhahaa bener, perasaan nggak bisa dipaksakan. Duilah

      Nggak ambil jengkolnya sekalian, Di? Hahaa

      Wkakaka setangkup rindu. Rindunya siapaaaa :'D

      Iya, ayuk. Kalau harinya pas, insyaallah Wulan bisa :))

      Hapus
  12. Hahahaha anjiiir, gue ngakak banget denger quotenya.

    Gue pernah makan jengkol, sih. Tapi gasuka. Apa ngolahnya yang salah yah kenalin dong, sama ibu kamu. Jengkol buatan ibu kamu kayaknya sedap nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaa sa ae nih bang Uben.

      Ayuk sini makan jengkol buatan Ibu aku,

      Hapus
  13. hhm jengkol ya? gua doyan aja sih, gasuka-suka banget. serem takut jengkolan. dan rasanya kaya ada dikit pait-paitnya gitu.
    sodara gua pernah soalnya jengkolan.
    Jangan kebanyakan makan jengkol lan, enak si tapi bahaya juga.
    kalo gua mendingan pete deh. pete di goreng atau gak di bakar pake sambel sama daun kemangi. ntap.

    Kalo pacarmu menjauhkan mu dari hal yang kamu cintai. PUTUSIN!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya,ada rasa pait-paitnya gitu kayak kisah cinta gue.
      Jengkolan itu kayak gimana?

      Iya, kalo kebanyakan bisa bikin penyakit ya.
      Gue nggak suka daun kemangi, nyiumnya bikin mabok. Hahaa

      IYA KOMANDAN, SUDAH DIPUTUSIN! :'D

      Hapus
  14. QUOTE-NYA NGGAK NAHAN. HAHAHAHA. Bijak sekali kamu, Lan. Huahahaha. Kalau boleh nambahin, aku mau nambahin, "Jangan pernah mengabaikan jengkol demi pacar. Jengkol kalau semakin bau semakin enak dimakan, pacar kalau semakin bau semakin enak buat bikin kita mati syahid. Rela mati demi kebauan bau badan pacar. *ini apa dah*

    Hahaha. Kayaknya kita harus bangga sama badan susah gemuk ini, Lan. Bangga sama kekurangan kita. Kalau aku larinya ke pipi, kalau kamu larinya ke tenaga, Lan. Buktinya kamu dari kemarin-kemarin sampai saat ini jadi wanita strong. Yuhuuuuuu~

    Jadi Wulan fans garis keras jengkol? Ntar kalau kamu main ke Samarinda, aku masakin jengkol ya, Lan. Minumannnya susu duo serigala. Mau disajikan di gelas apa mau kamu minum langsung dari sumbernya, Lan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bhahahaaa iya Cha, aku memang selalu bijak.
      HAHAAA BIKIN MATI SYAHID YAWLOOOHH

      Iya Cha, aku bangga dengan badan yang kayak gini. Bisa makan apapun tanpa mikirin timbangan. Hohoooo
      Hahahaa aku larinya ke tenaga, sampai-sampai jadi tegar dan tahan banting walaupun telah tersakiti. HAHAHAA

      Iya Cha, wkwk
      Boleh boleh, Cha. Aku maunya yg dari sumbernya, Cha. Dari serigala langsung. Serigala betina
      Wkakaka

      Hapus
  15. Gue pernah makan satu bakul kecil, orang bilang porsi gua itu porsi kuli tapi badan gue kecil aja.
    Haaaa, jengkol apaan tuh 200rb? Err

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walaupun kecil, yang namanya satu bakul udah banyak juga loh. Hahaa
      Wah mantap, porsi kuli.

      Total semua harga jengkol yg dibeli sebanyak 200 ribu. Hehee

      Hapus
  16. Jengkol anget-anget. beuhhh Nikmat mana lagi yang kau dustai :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaaa yawloh nikmat parah itu, Rin.

      Hapus
  17. emmm.. ternyata fans berat jengkol kau ya lan.
    ternyata masakan jengkol berfariasi juga ya lan, kalo yang sup jengkol apa sate jengkol goreng ada gak lan?

    alamak lan kau ini cuma demi pacar sampe tega ninggalin si jengkol tega bener, ah kalo pacar mah kalo dia bener serius mah gak peduli mau bau naga mau bau jamban pun *ini apaan coba.

    seminggu makan sama jengkol, mantaaappp..
    kok bisa cuma numpang lewat gitu ya, ah enak ya kalo jadi orang yang gak bisa gemuk, bisa makan kapan aja, sesukanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bhahaa iya bang. Fans berat jengkol.
      Sup jengkol mungkin ada bang. Hahaa
      Jengkol goreng ada bang, tapi yg disate belom pernah lihat. Hehee

      HAhahaa waktu itu aku dibutakan oleh cinta bang. Sekarang dibutakan oleh jengkol. Halah. :'D

      Tapi untungnya itu nggak beneran terjadi bang, haha
      Iya numpang lewat dari atas, keluar dari bawah. HAHAA

      Hapus
  18. ternyata termasuk garis keras pencinta jengkol , dan seminggu bakal makan jengkol? gilee..gilee..gilee

    tapi emang lan harus gitu. setiap hubungan pasti ada pengorbanan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaa untung aja itu nggak beneran terjadi. Bisa mabok jengkol ntar gue :'D

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  19. Waduy, entah ya, gue selalu salut sama cewek yang doyan jengkol. Jengkol kan bau, nah cewek-cewek rela kebauan dan diledekin temennya demi bisa makan jengkol. Salut!

    Quote-nya rada asyik sih. Tapi gue nggak doyan jengkol. :((
    Bisa nggak diganti jadi "istri" gitu. Emmm.. masa gue ngomongin istri sih. Gak inget umur.

    "Jangan pernah mengabaikan istri demi pacar"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaa kalo ada temen yg ledekin, gue langsung ngeluarin jurus bau naga sih, By. Hahaa

      Hahaaa Robby ngomongin istri. Ciyeee pengen nikah ciye.
      Buru tamat sekolah

      Hapus
  20. kamvret jangan mengabaikan jengkol quotenya boleh juga salut2 tapi jangan serin2 makan jengkol .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaa iya iya pak Presiden. Siap :))

      Hapus
  21. Aku... Pencinta jengkol garis lunak aja kali ya namanya.
    Gak doyan amat sih, tapi bisa lah kalau makan~

    Tuh kan, udah dibilangin juga jangan pacaran, wkwkwk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh kamu garis lunak, aku garis keras. Hahaa

      Hahahaa Daraaaa... Aku suka tulisan itu :D

      Hapus
  22. Ini kenapa nyempet ke "waktu gue punya pacar" ya -____-
    Kalau si pacar yang lo pernah punya dulu itu emang sayang, ngapain dia sebel sama bau jengkol pas ngobrol sama lo? Hedeh, artinya dia gak mau nerima apa ada nya, tapi lo nya juga gengsian.

    Ini kenapa gue malah kayak ceramahin siswa gue ya -___-

    Btw, gue belum pernah makan jengkol dan gak pernah ada niat buat nyentuh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaa mengenang masa lalu gitu.

      I-iya, Pak guru. Saya mengerti.

      Hahaa Kenapa? Nggak suka ya?

      Hapus
  23. eheew segitu sukaknya yaa sama jengkol, sampe di potret :D :D
    hayoloohh kak, pilih pacar apa jengkol? wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkakaa iya dik, seniat itu demi postingan ini :D

      Pilih pacar juragan jengkol.
      Hahaa

      Hapus
  24. Entah kenapa, gue sesaat hening dan pengen bilang. "AAAAA.. gue juga suka Jengkol, lan." Jengkolin hati gue ya... :D

    Ternyata, Ibu kamu pinter banget masak jengkol dengan banyak macam. Gue paling sering Jengkol Gulai. Cuman, karena gue jarang di Rumah, susah merasakan nikmatnya Jengkol. Satu lagi, petai. Aduh... Sebenarnya, kalo yang ngolah Pinter, Jengkol dimakan gak bau.

    Tapi, kalo gak tau ya gitu.. :D "Auk, ah. Gelap." XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bhahahaaa yawloh baru tau kalo Pangeran juga suka jengkol. Jengkolin hatinya kayak gimana, Pange? :'D

      Aduh, anak rantau ya. Jadi susah ngerasain masakan rumah. Iya jengkol gulai juga maknyus, Pange.
      Iya bener, pinter-pinter ngolah jengkolnya.

      Hahahahaa ujung komennya absurd :'D

      Hapus
  25. Seminggu penuh lan ngejengkol ? engga mabok ? mabok duda ?
    Ibu beli pengharum kamar mandi gak ? biasanya kan kalau yang makan gituan ampas kecil sama besarnya harum gitu :3

    Jengkol ya, aku tergoda, tapi gasuka, lebih suka tempe da, disemur, atau balado. lapar -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mabok janda bang. :'D
      Hahaa iya bang, pipisnya jadi bau jengkol.

      Aku lebih suka tahu daripada tempe, bang.
      Iya apalagi disemur.

      Bhangkay. Gue laper bang Er. -_-

      Hapus
    2. enak ya, gue bangun tidur nih lan, lapar -_-

      Hapus
    3. REBUS INDOMIE PAKE TELOR CEPLOK DUA BANG,

      Hapus
  26. Makan jengkol seminggu??? Perutnya nggak error, terus wcnya nggak pingsan tuh. Saya juga penyuka jengkol tingkat ekstrim, tapi makannya cuma pas libur doang, soalnya pipisnya wangi jengkol.

    Saya mau nyoba ah susu fresh dari duo srigala, kayak apa ya, penasaran

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hhahaha wcnya udah angkat tangan kayaknya, Mas.
      Bisa dijadwalin gitu ya, makannya cuma pas libur. Wkwkw

      Ayo berburu serigala, mas.

      Hapus
  27. itu jengkol bikin ngiler.
    tapi katanya, Ul, jangan banyak-banyak makan jengkol, takutnya malah kena penyakit kejengkolan. tau deh itu penyakit apaan.

    berarti sebagai pelajaran, entar kalo nyari pacar, mesti tanyain dulu, "kamu suka jengkol, nggak?" biar kehidupanmu tetap sejahtera.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak papa jengkolan, How. Daripada baperan, sakit How. SAKIIITT..

      hahahaa iya iya bener, harus ditanya dulu ya.

      Hapus
  28. pantesan,mata kedipan *e ternyata dimention di postingan ini *ketjuuuuuup hahhahah

    wew..inimah kesukaan aku, baru tau ada sambalado tanak jengkol...uhhh pesti mantebbb abis..e ini rasanya pedeskah?? tapi aku sukanya yang manis..kayak kamuuuu hahhahah

    sama...pas mau romantis romantisan aku juga paling menghindari jengkol, e misua malah hajar aja klo ada jengkol apa pete, ga peduli malem jumat ((apa hubungannya coba).

    selalu suka cerita-ceritanya wulan...kata-katanya runtut, jadi kudu baca ampe abiz tiap mampir kemari

    BalasHapus
  29. Anjas, jengkol tetep setia, sampe dibikin quotes gitu, haha saking cintanya sama jengkol nih anak. Haha

    Eh, lan, thanks udah maen sama komen di blog gue yak.

    BalasHapus
  30. BHAHAHA AIH QUOTES-NYA. OK :))
    Aku juga pecinta jengkol. Ih, jengkol tuh enaknya unik. :3 ._.
    Aku suka kalo jengkolnya disambelin. Di balado juga sih...
    Aduh, teteh, sama pacar mah jangan jaim. Bisa aja pacarnya jadi kegoda suka jengkol juga. Euuuum, eh emang teteh punya pacar? :v peace
    Btw yuk tos duluuuu!

    BalasHapus
  31. Artikel yang sangat menarik :D

    http://clayton88.blogspot.com | http://kagumiterus.blogspot.com/ |
    http://informasiberitatop.blogspot.com | http://www.layardewasa.top | http://bit.ly/1sAwovI | http://bit.ly/1sUU8dl | http://bit.ly/1ZIdBJv | http://bit.ly/1YjeNnK | http://bit.ly/1WKgJqp | http://bit.ly/1ZIehP9 | http://bit.ly/1sAwovI | http://bit.ly/1UobCKp | http://bit.ly/1S0ZSYr | http://bit.ly/1ZIehP9 | http://bit.ly/1UL7Ia5 | http://bit.ly/1WKgJqp | http://bit.ly/1YjeNnK

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.