Tragedi 12 ribu

Jumat, Agustus 07, 2015
 Nova, adek gue yang baiknya super sekali sampe pengen gue jadiin gantungan kunci saking baiknya. Kemarin Nova maksa-maksa sampe nyeret kaki gue untuk keluar kamar dan nemenin dia nyari buku tulis ke Pustaka 2000, sebuah toko buku yang ada ditempat gue tinggal.
Kalo udah masuk kamar, enggak tau kenapa rasanya gue maleeesss banget untuk ngelakuin kegiatan lain selain nulis binder dengan tulisan-tulisan alay, main hape,nyanyi dengan suara gue yg pas-passan dan meluruskan kaki ke dinding. Bener. Coba deh luruskan kaki ke dinding, enak banget rasanya.

Setelah melihat wajah memelas iba yang emang udah bawaan lahir dari adek gue, gue pun langsung ganti baju dan cus pergi nemenin dia.
  '' mau beli buku apa Va? '' ujar gue sambil tetep ngendarain motor dengan muka males-malesan.
  '' beli buku tulis, sama pena 2. Buku tulisnya yang besar, yang ada gambar-gambarnya disampul luarnya. Isinya juga harus ada gambar-gambarnya. Biar cantik gitu, ''
Disimpang ada tiang listrik gede.
Rasanya gue pengen menabrakkan motor ini secepatnya.Gak tahan denger permintaan aneh dari Nova.

  '' Bawa uang gak Va? '' tanya gue lagi.
  '' Bawa, ini tiga ribu. ''
TIGA RIBU GAEESS! DAPAT APA?
Bayar parkir udah seribu, beli teh gelas satu harganya seribu, cuma sisa seribu. Buat apa ha? Buat apaa??
  '' Ha? Kok cuma segitu sih? ''
  '' tadi lupa minta duit ke ibu, ibu tadi pergi. '' jawabnya.
Oh Tuhan, seandainya jalanan dilampu merah didepan kosong, mungkin gue udah salto depan-belakang.
Untung aja didalam jok motor ada duit. Kayaknya sih.

Sesampainya di Pustaka 2000 kita berdua turun.
Bersamaan dengan langkah kaki gue yang menginjak masuk lantai Pustaka 2000, seorang mbak-mbak cakep senyum ke arah gue. Udah cakep, ramah senyum lagi. Kalo gue cowok, udah gua bawa ke KUA tu mbak-mbak.
Dalam sekedip mata, Nova udah ngilang dari peradaban. Eeh maksud gue dari pandangan mata gue. Dia langsung ngacir ke arah buku-buku.
  '' iih yang ini cantik ya ''
  '' ini doraemon, lucu kan kak ''
  '' Sampulnya timbul gitu, keren ya, ''
  '' eeh ini cantik banget, lucuuu ''
Gue cuma diem dengan melipatkan tangan kedada sambil mandang nyengir ke adek gue. Pengen cepat-cepat pulang gue.

  '' bukunya itu? udah? pena nya cari sana '' gue tetep berdiri santai sambil ngecekkin hape, kali aja ada sms masuk dari pacar. Ternyata enggak. Yaudah.
Pas Nova lagi asyik-asyik milihin pena yang padahal semua isi sama-sama tinta, kagak bakalan ada pena yang isinya minyak solar, gue memandang sekeliling gue. Gak ada cowok cakep soalnya, coba ada cowok cakep, mungkin kita udah saling pandang-pandangan.
Gue noleh ke kiri, seorang mbak-mbak karyawan yang kerja disitu memperhatikan gue. Kayaknya udah dari tadi sih, cuma guenya aja yang baru sadar.
Gue nyengir sambil menatap balik mbak-mbak itu. Gak ada kerjaan banget sih mbak-mbak ini, kebelakang kek, nyuci piring atau apa kek gitu.
Kemudian gue membuang muka.
Selang beberapa lama, gak sengaja pandangan gue mengarah ke mbak-mbak sinis tadi. Beda dengan mbak-mbak si ramah senyum yg berdiri didepan pintu masuk tadi.
Si mbak sinis itu ngeliatin gue lagi dari atas sampe bawah, seolah-olah ngomong,
Oh jadi perempuan ini yang udah merebut suami gue!
Gue natapin dia balik dengan tatapan nantang. Seolah-olah ngomong.
Iya, memang gue yang ngerebut suami lo. Mau apa lo hah?

Adegan tatapan itu berlangsung kira-kira setengah menitan. Entah dengan visi dan misi apa mbak-mbak itu menatap gue dengan tatapan sinis.
Apa karena pakaian gue?
Gue ngeliat pakaian yang gue kenakan ketika itu. Jilbab cokelat, tanktop hitam yang dibaluti dengan jaket pendek seukuran pinggang, serta celana jeans hitam. Ditambah tas samping cokelat ala-ala tukang kredit yang lagi frustasi ngejar client nya. Dan yang terakhir sendal jepit cokelat kesayangan gue dengan tulisan ''woles'' di atasnya.
Apa karena penampilan gue yang absurd itu kali ya sampe si mbak-mbak negliatin gue. Pengen banget gue ngelepas sendal cokelat ini trus gue sodorin ke mbak-mbak nya sambil teriak,
  '' NIH BACA MBAK, WOLES DONG WOLES. MATA NYA WOLES AJA! ''
Abis itu gue diseret keluar sama security.

Selesai membayar dan menjauh dari mbak-mbak sinis itu, gue langsung ngacir keluar.
  '' Kita kesana dulu yuk '' gue ngajak Nova ke supermarket yang gak jauh dari Pustaka 2000 itu.
Sesampainya disupermarket, kita berdua langsung naik ke lantai atas. Jalan ke bagian aksesoris, dan disana gue ngeliat banyaaaakk banget barang-barang lucu. Cewek bangetlah pokoknya.
Setelah ngeliat sana-sini, akhirnya gue memilih jedai rambut untuk dibawa pulang. Iya, cuma jedai.
Gue pecinta jedai rambut. Sangat cinta.
Hampir seminggu sekali gue beli jedai, soalnya sering patah mulu kalo gue pake. Entah ada apa dengan rambut gue ini. Tapi gue semangat dan gak pernah berhenti untuk beli jedai, ya meskipun sering patah sih.
Kayak cinta, walaupun udah banyak cinta yang patah, kita harus tetep semangat dan jangan pernah  berhenti untuk mencari cinta yang baru.
Gue dan Nova langsung turun ke lantai dasar. Muter-muter lagi, beli ini-itu dan akhirnya sampailah kami ke meja kasir.
Saat mbak kasir sedang menghitung harga barang yang kami beli, mata gue tiba-tiba ngeliat sebuah maskara didalam kotak kaca.
  '' Mbak, itu maskara nya satu ya ''
Spontan aja gue langsung ngomong gitu. Dengan penuh sukacita, si mbak kasir ikut menggabungkan maskara kedalam plastik belanjaan setelah menjumlahkan harganya.
  '' Total semuanya 143 ribu mbak ''
Gue merogoh anu gue, saku celana maksudnya, saku celana. Dengan bermodal duit yang dari dalam jok motor, gue langsung meletakkan uang tersebut dimeja kasir.
Seratus
Tiga
Puluh
Satu
Ribu

Mampus gue~
Duit gue kurang 12 ribu. Sumpah, gue malu.
Gue merogoh anu gue yang satu lagi. Saku celana sebelah kiri maksudnya. Berharap ada sisa-sisa duit untuk melanjutkan hidup gue ketika itu.
Sial! Yang ada disaku kiri cuma bungkus permen Mint. Itu juga permen kembalian dari mas ganteng di indomaret. Berhubung mas kasirnya kece, yaudah gue simpan deh bungkus permennya. Mau dibuang, tapi sayang.
Gue sempat ngelirik ke Nova, kayaknya adek gue bisa nih dijadiin jaminan atas kurangnya duit gue itu. Tapi setelah gue liat-liat lagi, kayaknya dia gak sampe 12 ribu deh kalo dijadiin jaminan.

  '' Mbak, maaf.. Ini barangnya bisa dibalikin gak? 1 barang aja. Soalnya duit saya kurang, hehee ''
Suer deh, itu bener-bener '' hehee '' terkamfred yang gue ucapkan.
  '' Bisa kok mbak, mau balikin barang yg mana? ''
Setelah gue meletakkan salah satu barang kembali ke raknya, alhamdulillah gue masih nerima kembalian 4 ribu. Gak papa. Lumayan buat beli cimol didepan.

Gue yang cemberut ketika pergi tadi, berubah jadi ketawa ngakak disepanjang jalan pulang.
Malu gaes, maluuu banget.

Yaudah ya, ada telefon nih dari mamah.
Bye~



58 komentar:

  1. Untung belum pernah ngalain kejadian kaya gini,
    Soal'a kalo belanja pasti sambil dihitung hahaha jadi berpa total'a sebelum bayak ke kasir :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaa betapa sialnya saya ya mas.
      Awalnya saya gak ada niat belanja sih, maka nya gak bawa dompet. Cuma bermodalkan duit dr dalam jok motor. hahaa :D

      Hapus
    2. Bukan sial itu mba, tapi MEMALUKAN hahaha :D
      Cewe emang aneh yah, pake tas tapi ga bawa dompet -_-

      Hapus
    3. HAHAHAAAA ya Allah sampe diperjelas gitu :D di capslock lagi :D

      Kan niat utama nya pergi cuma mau nemenin adek doang mas, enggak untuk belanja. Jadi isi tas nya cuma hape :D hehe

      Hapus
    4. Salah itu mba kirain saya teken Shift biar hurup "M" nya kapital
      tenyata yang ke pecnet malah Caps Lock :D

      Emang keluar wajib bawa tas yah mba??
      ribet amat yah jadi cewe, harus bawa" tas, padahal ga ada isinya ahahaha :D

      Hapus
    5. HAHAHAA ALESAN.
      cowok emang gitu, punya seribu alesan. :D

      Hahaa iya mas. Saya paling risih kalo masukkin hp ke saku celana, jadi kemana2 bawa tas.
      Kadang juga gak bawa tas, hp sm dompet saya masukkin jok motor. Justru itu yg simpel mas. Wkaka

      Hapus
    6. Yah nama'a juga cowok mba, jadi harap dimaklumi :D

      Begitulah yang nama'a cewe
      Yang mudah dipersulit, yang sulit makin sulit
      Sama sikap'a ketika marah, bikin cowo serba salah -_-

      Hapus
    7. Hahaa dasar cowok :P

      Wkakaaa.. itu justru mempermudah mas. :D
      Ya namanya juga cowok, serba salah. :D

      Hapus
    8. Mempermudah dar mana'a mba??
      Sepintar"a cowo pasti salah mulu dimata cewe

      Hapus
    9. Ahahaaa
      cowok memang selalu salah mas.. :D haaaha

      Hapus
  2. hahahah, daripada gue sama temen gue, beli jeruk di indomaret, gue udah berpikir untuk ambil uang di atm yang ada didalam ind*m*ret, ternyata temen gue juga berpikir yang sama. Sampai disana ambil jeruk sekilo, pas mau ambil uang di atm, malahan atmnya yg trouble, trus pake debit di kasirnya juga katanya lagi trouble. Gue sih segera nyari duit disaku-saku celana, baju, tas, begitu juga temen gue melakukan hal yang persis sama,, yang keluar dari kita bedua cuma recehan, itu juga kita itung dulu depan kasir..hahah
    Kasirnya cuma meringis doang..dibayar pake recehan semuah,.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaaaa itu mah mending. Karena bukan kesalahan kalian, karena atm nya yg lg trouble.
      Lah gue, gak bawa dompet sama sekali. Cuma buat duit seadanya doang dr dalam jok :D Untungnya duit recehan yang kalian kumpulin berdua cukup kan? gak kayak gue, kurang. Hahaaaaa

      Eh betewe, itu kenapa indomaret yg satu nya dikasih bintang-bintang, sedangkan yg satunya lagi enggak?

      Hapus
    2. hahah.. yang penting kalo kejadian gitu tetep tenang dan stay cool aja.

      indomaret satunya gak kebagian!, masak gue harus nembus langit ambil bintang dan kasih indomaret satunya bintang-bintang.. enak aja! hahaha

      Hapus
    3. Wkakaa iyaa. :D

      Hahaaa gak adil nih..
      :P

      Hapus
  3. Nova...pertaama yang kelintas, kayak nama adeknya febri pacarnya beby...kalian ga sodaraan kan Lan??
    3 rebu?? ngakak guling guling mbil cakar-cakar tanah #iniefekkesurupan

    asheeekk terakhiran makan cimol nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaa iya mba. Pas baca blognya febri, saya ngira Nova itu cewek. Eeh gak taunya cowok ya mbak -__-
      Iya mba, kami sodaraan. Sodara setanah air. Cailaaah:D

      iya mba, permintaannya banyak, tapi cuma bawa duit 3 rebu. -__-

      Hahaaaaa :D
      Hayuk mbak, saya traktir cimol :D

      Hapus
    2. cimoooolllll saya sukaa lan, segala jenis makanan dari aci saya syuuukaa

      na loh sodara satu adam ya hahah

      Hapus
    3. Hahaaa ayo mbak, buruan kesini. Kita makan cimol banyak banyak :D

      Hahaaa iya mbak, sodara satu Adam.
      wkakaa

      Hapus
  4. Fix yang nulis ini orang gila, tengsin tengsin tengsin wakakakak ........

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaaaaa anda benar sekali :D wkakakakaa

      Hapus
  5. benar-benar tragedi yang memalukan yah mba
    coba itu pas bayar di kasirnya lagi antri panjang hahaha :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaa iya Ndi. Memalukan sekali :D

      Nah, itu dia Ndi. Untungnya lg gak ada yg ngantri :D

      Hapus
  6. hal seperti ini nih yang harus dihindari..
    kalo engga ngantri mungkin rasanya beruntung banget deh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaa iya mas. untung gak lagi ngantri kemarin :D

      Hapus
  7. haha :D pernah saya alami juga mba :D malunya bukan lagi ... Untung nya gaa ada yang lagi ngantri juga :D malunya bisa double :D hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaa samaan kita ya mba :D untung pas lg gak ngantri. :D

      Hapus
  8. Kalau malu tutupin mukanya pake tapir aja mbak :D wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaa enggak ditutup, muka saya udah kayak tapir mbak :D kwkakaa

      Hapus
  9. Jedai itu apa, Wulan? Tusuk konde kah?

    HAHAHAHAAHAHAHAHA. Untungnya bisa dibalikin ya, Lan. Aku juga pernah tuh, uangnya kurang pas bayar parkir. Kurang 500 rupiah. Harusnya 2000 bayarnya malah 1500. Dengan tampang gak tau-tau aku kasihkan aja uang yang berupa recehan semua itu ke mbak-mbak di loket karcis parkirnya. Ya Allah, aku bongkar aib sama dosa disini :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jedai itu singkatan dr ''jepitan badai '' cha, hahaa. Kata org2 sih begitu :D itu loh jepitan rambut untuk sanggul rambut itu cha. :)

      Hahaaa iya cha, untung bisa dibalikin. kalo enggak, beeh mungkin aku udah panik
      Hahaaa ya ampun icha.. Msh mending kamu sih, cuma kurang 500 cha. Daripada aku 12 ribu. wkaaaka.
      Gini nih akibat bawa uang pas-passan ya cha.

      Hapus
    2. Pertanyaan ini terjawab sudah. Jedai adalah jepitan keledai.

      Hapus
    3. Iyaaa gini nih, kalo keledai emang tau jenis-jenis jepitan nya.

      Hapus
  10. Mbak-mbak yang cakep dibawa ke KUA, lah kalo yang nggak cakep, mau dibawa kemana??

    Harusnya jangan keburu gugup di depan kasir, WOLES aja, kan udah pake sandal tulisan WOLES, bilang aja ke kasir, "ah barang yang itu nggak usah deh, di rumah juga masih ada, cuma menuh-menuhin doing nantinya".

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaaa dibawa ke rumah mas Hendra, mau ? :D

      Hahaaa hahaaa iya juga yak mas, harusnya woles. Sesuai dgn tulisan di sendal, 'woles' :D
      Eeh iya juga ya mas, boleh juga tuh idenya.
      Kemarin saya baru pertama kali ngalami kejadian kyk gitu mas. Jadi award banget rasanya, gugup, malu.
      Hhehee

      Hapus
  11. wkwwkwkwk. Makanya puasa mata. Liat maskara langsung mau beli.

    Ngerogohnya jangan di anu punya, lu. Di anu gua aja. Mungkin ada duit di anu gue. wkwkwkw

    Waktu lu lipat tangan ke dada. Itu gumpalan daging di dadanya nggak kesakitan? *abaikan.

    eh. jedai rambut itu, apa?
    Kakak yang baik, ya. Mau beliin buku buat adiknya. Mau deh jadi adiknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaaaa gak tau kenapa, pas liat maskara aura kewanitaan gue terpancar Dar. :D jadi pengen beli deh.

      Yaudah deh, besok ngerogoh di anu punya lu aja. Kali aja ada duitnya. :D hahaa *INIAPAANSIH

      Lah.. kan memang gak ada.
      Gue cowok :D

      Jedai. '' Jepitan Badai ''. Googling coba :) itu tuh sejenis jepitan rambut untuk nyanggul rambut gitu.

      Jadi kakak-adek gitu maksud lu Dar?
      UDAH CUKUP DAR, UDAH.. GUE UDAH NGERASAIN GIMANA SAKITNYA JD KAKAK-ADEKZONE -__________-

      Hapus
    2. Wulan labil.
      Jadi, lu ini wanita apa pria.
      Setuju sama Yoga. Jedai itu jepitan keledai.


      Yaampun.
      Terus maunya zone, apa?

      Gue kan cuma mau jadi adik yang kerjanya minta susu doang.


      Mesum apanya, Yog?

      Hapus
    3. hahaa gue pria dar.. Pria. Cowok tulen.
      Kagak percaya amat sih -___-
      Iya, sesama keledai harus saling mendukung. Bagus nak, pertahankan

      Gue maunya timezone!

      AHAHAAA MINTA SUSU ITU SAMA IBU, BUKAN SAMA KAKAK. GIMANA SIH

      Hapus
    4. Timezone. Dimaenin mulu, dong.

      Ibunya belom belanja lagi soalnya.

      Hapus
    5. Iya, hahaaa :D

      Kakak juga belum belanja dek, pengertian dong.
      ADEK MACAM APA INI?

      Hapus
    6. Adek yang suka macam-macam.

      Hapus
    7. Nggak terima kasih. Cuma butuh susu.

      Hapus
    8. Susu...
      *dan akhirnya percakapan ini diblokir oleh Ipocan

      Hapus
  12. Pernah nih pas masih SD, sama kakak. Modal duit beberapa ribu doang jajan ke Indomaret. Terus main ambil makanan aja. Ternyata kurang. Akhirnya sekian bulan gue nggamau ke Indomaret situ lagi._. Takut diinget sama kasirnya. Tapi garagara itu gue selalu meriksa duit dulu kalo mau belanja haha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaaa samaan kita ya. Bener-bener bikin malu.
      Eeh trus pas uangnya kurang jadi gimana? kok takut diinget sama kasirnya?:D

      Haha iya, jadi pelajaran buat kedepannya. Iya gak? Hehe

      Hapus
  13. Kalo gue, sih, langsung nggak mau ke toko itu lagi. Malu, njir. :)))

    Hmm, seharusnya penjelasan tentang sendal woles mah nggak perlu dikasih tau, Lan. Kan, Mbaknya nggak memerhatikan lu sampe ke tulisan yang terdapat di sendal jepit. Tulisan "woles"-nya keinjek kaki lu. Tapi, karena maksud lu untuk jejelin ke mbaknya, biar ngelihatinnya woles aja. Itu bisa diterima. :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaa tapi toko itu toko favorit gue banget yog. :D walaupun malu, harus tetep kesana lagi.

      Hahahaaaaaa
      Sebenernya diparagraf itu, gue cuma pengen pamer aja sih Yog. Kalo gue make sendal anak gaoel yg ada tulisan, ''woles-woles'' nya. Gitu ajaa :D

      Hapus
  14. Itu tukang obat komennya kompak, Malu semua!! hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh iya ya mas. Wkakaaa saya baru nyadar loh mas
      Mas Hendra merhatiin banget :D

      kayaknya satu admin sih itu mas..

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.