Dibuka dan Dilihat

Rabu, Agustus 12, 2015

Tadi malam gue bener-bener kayak orang dongo. Kebetulan tadi malam hujan, bawaannya jadi laper gitu.Pas gue buka kulkas, yang ada cuma sayur-sayuran sama cabe doang. Iya beneran ada cabe dalam kulkas gue. Cabenya naik motor bonceng tiga.
Karena gak tau mau ngapain, akhirnya gue nyungsep didalam selimut. Mau sms pacar, tapi takut ganggu. Soalnya dia lagi nyusun skripsi.
yaudahlah gue sms pacar yang lain aja.

Eeh bukan, bukan..
Bukan gitu maksud gue

Tunggu dulu, jangan salah paham

Hei, tu..........

huh

Karena gak tau mau ngapain, akhirnya gue bengong sambil ngingat-ngingat kenangan masa sekolah dulu.

Ah iya, ada kejadian absurd ketika gue masih duduk dikelas 2 SMK.
Disekolah gue, ada yang namanya ujian bulanan.
 Jadi dalam sebulan itu, murid melakukan pembelajaran selama 1 minggu pertama.
 Di minggu kedua mulai penyampaian materi yang akan diujiankan. Di minggu ketiga, ujian bulanan dilaksanakan dan di minggu ke empat pembahasan hasil dari ujian bulanan.
Dan lo bisa bayangin kan, gimana tampang bucek gue setiap pulang sekolah.
Mata gue merah, ingus juga meler kesana-kesini, kepala nyut-nyutan gak karuan.
 Dan yang gue sebutkan tadi adalah contoh gejala-gejala demam yang disertai flu.

Nah, waktu itu ujian bulanan dilaksanakan. Kebetulan temen sebangku gue seorang cowok. Namanya Putra.
Iya Putra, Putra pertama buah hati kita.
Anaknya pecicilan nau'ujibilah, cengengesan, suka tidur juga sering ngences. Geli deh kalo liat dia. wakakaaa
Selama ujian, gue asli gak pernah nyontek, buka buku, bikin contekan kecil trus diselipin dimana gitu, nulis catatan kecil dimeja, suer deh.. Gue gak pernah ngelakuin yang begituan.
Selain gue emang gak pinter berlagak sok-sok mikir sambil liat contekan, gue juga orangnya suka gelagapan trus panik sendiri kalo lagi ketakutan.
Itu alesan kenapa gue gak berani nyontek.
Dihari ujian terakhir, gue mendadak gila gak karuan pas ujian KIMIA
KIMIA..
KIMIA....

Alesan kenapa gue mendadak gila gara-gara ujian kimia :
- Guru yang ngajar gak bisa menyampaikan dengan benar apa penjelasan dari suatu materi
- Guru kimia lebih sering nyatat dipapan tulis,tanpa menjelaskan. Dan yang dicatat itu yaa tulisan dibuku paket. Ya podo aee
- Gak pernah ngasi tugas
- Sering kesulitan nyusun kata-kata dalam menyampaikan ke murid
- Gurunya kecentilan karena sering di goda-goda cowok alibi dikelas
- Gurunya sibuk benerin jilbab mulu dikelas.

Dan malam sebelum ujian kimia, gue bener-bener stress. Gue bolak-balik baca buku catatan, gue baca-baca lagi buku paket yang padahal isinya sama percis dgn yang gue catat dicatatan.
Sial, gue gak ngerti juga. Gak paham sama istilah-istilah yang gaje banget.
Apaan, angka sama huruf digabung-gabungin gitu. Kayak status fb 4n4k 41aY  4Jah d3ch!

Besok paginya, gue pasrah.
Lembaran soal mulai dibagikan kehadapan masing-masing murid. Sementara gue cuma nelan ludah pas ngeliat soal yang akan gue selesaikan nanti. Kira-kira begini soalnya:

Dalam 100 mL larutan CH3OOH (Kc = 10-5) dimasukkan 50 mL larutan KOH 0,2 M. Ternyata dihasilkan larutan penyangga dengan pH = 5, 
Jadi, maukah kamu menjadi pacarku?

Sumpah !
Gue enggak tau jawabannya apa. Itu soalnya beneran susah minta ampun.

Karena soal kimia semua susah,
Mau gak mau ya terpaksa gue harus ngelakuin aksi bejat. Iyaakk, NYONTEK !!
Oke, pas ujian dimulai, gue kerjasama sama si Putra nih.

'' Put, lo buka buku paketnya dong ''

Putra ngebuka buku paket,

'' balik lagi coba, ''
Putra ngebalik lembaran berikutnya. Gue baca pelan-pelan, sambil setengah nunduk antara ngeliat kertas dimeja sama buku paket dipaha putra.
Sedangkan tugas putra, ngeliat pengawas yang kali aja curiga sama aksi gue yang memang belum mahir nyontek.
'' balik lagi put, balik lagi... terus balik.. Eeeh stop-stop tunggu. Bentar-bentar gue baca dulu, ''

Yess, gue nemuin jawabannya dibuku paket. Lanjut ke soal berikutnya.

'' Put, buka buku catatan dong ''
'' buku catatan dari hongkong. Gue aja kagak pernah nyatat ''

Ehh iya, gue baru ingat. Gak ada sejarahnya seorang putra nyatat pelajaran dibuku catatannya. Tu anak pemalas banget emang.
'' yaudah, buku catetan gue aja. Ambil tuh didalem tas. ''

Putra ngerogoh tas gue, pas udah dapet bukunya ia langsung ngebuka buku itu diatas pahanya.
'' Balik ''
'' balik lagi coba, ''
'' balik,balikk ''
'' Eh tunggu, bentar gue belom baca begok. loe cepet amat ngebalik bukunya ''

And then, setelah gue selesai melakukan perbuatan terlaknat itu, gue nyoba diem sambil mandangin lembar jawaban gue. Lirik kiri-kanan...
Ebuseeettt, hampir semua orang ternyata juga ngelakuin aksi nyontek itu.
Halaah, gak cuma gue doang kok yg nyontek. Gue ngomong dalem hati.
Emang gini nih manusia. Sadar sih kalo udah ngelakuin perbuatan yang salah, tapi malah seneng dan santai waktu tau ternyata gak cuma dia sendiri yang ngelakuin perbuatan salah itu.
Dasar gue!



2 hari berikutnyaa..
TARAAAA
hasil ujian dibagikan tjoyyy!!
Wali kelas gue pun bingung hebat. Bingung, kok hasil ujian kimia pada bagus semua. Lah, pas ngeliat nilai harian siswa, pada jeblok semua.
Wali kelas gue pun curiga.
Beberapa orang dites maju kedepan buat nulis jawaban dari soal yg sama diujiankan kemarin dipapan tulis.
TARAAAAAAA LAGIII...

Dari 30 murid, cuma 5 orang yang bisa ngerjain soal dipapan tulis. Sedangkan 14 orang lagi cuma planga-plongo, 3 orang lagi nunduk diem dikursi, sisa nya itung sendiri.

Wali kelaspun ngamuk-ngamuk kayak wonderwoman lagi  PMS dihari pertama.
FIX!!
Satu kelas disuruh jujur dan ngaku di pelajaran apa aja ngelakuin aksi nyontek ato buka buku gitulah. Trus setiap siswa harus nulis alasan, kenapa ia nyontek dan dengan cara bagaimana nyonteknya.
Masing-masing disuruh nulis diselembar kertas trus kertasnya dikumpulin kedepan.
Dengan cepat gue nulis satu pelajaran, dipelajaran KIMIA gue menjawab semua soal dengan jawaban dosa. Setelah semua kertas dikumpulin, suasana kelas kembali hening. Hening, kayak hubungan yang udah gak ada rasa lagi. Udah hambar, mau putus juga takut. Mau ngomong ngejelasin ke dia juga susah, ya gitu deh suasana heningnya.
Tulisan dikertas itu dibaca wali kelas gue didepan kelas, juga disebutin nama siswanya. Sumpah deh, gue deg-degan banget. Malluuuu

Pas nama gue disebutin, gue langsung diem. Seluruh kelas ngeliatin gue. Wali kelas pun mulai ngebaca tulisan yang gue tulis diselembar kertas itu.

Nama: Rahayu Wulandari.
Ujian yang dicontek pelajaran kimia.
Bu, saya memang nyontek di satu pelajaran. Pelajaran kimia. Saya kerjasama dengan Putra. Bukunya diletakkan dipaha putra.
Jadi Putra yang buka, dan saya yang lihat

Mendadak seisi kelas ketawa hebat, wali kelas gue pun ikutan tertawa terkekeh geli.
Si walikelas mengulang-ulang kalimat terakhir yang gue tulis.
Seisi kelas masih aja ketawa, gue heran sambil masang tampang bengong.

Langsung aja wali kelas gue ngobral-ngabrik kumpulan kertas untuk nyari kertas nya si Putra.
Pas udah ketemu, walikelas langsung membacanya:

Nama: Putra Haryono
Mencontek dipelajaran Matematika, fisika,bahasa inggris dan kimia
Matematika nyontek ke si A
Fisika nyontek catatan.
Bahasa inggris nyontek ke si C
Kimia kerjasama dengan Wulan.
Saya yang buka, trus wulan yang ngeliat 

Mendadak seisi kelas kembali heboh
Buka apa?
Lihat apa?

Untuk beberapa menit pertama gue dan Putra saling pandang. Bengong. O'on, goblok.
Lama-kelamaan Putra mulai cengengesan najis. Gue tetep bingung.
Kenapa orang satu kelas pada ketawa ngakak?

Akhirnya gue ngerti.
Gue paham.
 Gue tau. Ada yang janggal dari kalimat yang gue tulis dikertas itu.
Entahlah,
Penulisan gue yang salah atau pemikiran orang satu kelas yang cepet negatif.
Hahaa



66 komentar:

  1. anjir.. ini kalimat emang ambigu sih.. tapi ada satu yg kurang.. diraba ga? .-.

    BalasHapus
    Balasan
    1. YA PASTI DI RABA DONG RUL. MASAK UDAH DIBUKA, DILIHAT TAPI GAK DIRABA

      Eeem anu, maksud gue kan buku catatan gue isinya huruf braille. jdai hrus di raba gitu rul

      Hapus
    2. ngeles aja.. mending jadi guru les sana :p

      Hapus
    3. Hmm. Ada yang mau jadi guru, ya.
      Mau dong jadi muridnya.

      Hapus
    4. Nurul: yaudah gue jadi guru les deh rul. Tuh udah ada calon muridnya

      Hapus
    5. kita belajar apa bu guluuu?

      Hapus
    6. kita belajar apa bu guluuu?

      Hapus
    7. Nurul, sehat?
      Tiap komen kenapa dua kali terus?

      Iya, bu gulu. Kita belajar apa, nih?
      MTK, Kimia, atau Biologi?

      Hapus
    8. Nurul : Kayaknya kita perlu belajar supaya gak komen 2 kali terus ya nak?

      Hapus
    9. bukan begitu kawan :(.. hpku memang sedang alay :(

      belajar menjadi penerus bangsa Siomay yang baik

      Hapus
    10. Hahaa akhirnya hp lu bisa beradaptasi sesuai dgn pemiliknya (y)

      Hahaaaa bangsa siomay ya Rul? silahkan tanya ke sang ketua. cc: Darma

      Hapus
    11. hei hei.
      Ada apa kalian dengan siomay. Wulan, Nurul, dan siomay?
      Ada hubungan apa kalian?

      lah? kok gue ketua siomay?
      Lempar batu sembunyi tangan, ya.

      Hapus
  2. dibuka trus diliat, langsung deh masukin.huhu enak kayanya...

    maksud gue nyontek jadi jangan ngeres ya, buka buku , liat trus masukin lagi ke bangku.biar ga ketahuan gitu..
    kalo sms pacar takut ganggu mending sms gue aja deh, gpp kok huhuhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahahaaa sa aee nih mas Hendri.

      Yaudah, ntar gue sms lo deh. Gimana?

      hesteganaknyamurahan

      Hapus
    2. boleh lah, bbm aja kalo ada, siapa tau kamu minat sama suplemen disaya.wahahahahaha

      Hapus
    3. Aahahaa kalo ada suplemen bikin cepet move on saya mauuuu mas

      Ah mas hendri gitu ah, mentang-mentan pengantin baru. Acieeee :D

      Hapus
  3. Zaman SMA saya ga nyontek kiri-kanan, buka buku, bikin catetan kecil
    Tapi saya langsung search di mbah google pake HP :v

    Wkwkwk Putra yang buka, dan saya yang lihat
    Ada apaan mba dibalik paha'a :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah modern juga mas dah ada gpogle jmn smanya, saya hp aja masi nokia erikson yg bunyine gitu deh haha

      Hapus
    2. Wiidiiih ini keren nih. Pas jaman sekolah udah nyontek dr google.
      :D

      Ada anu mas

      Hapus
    3. Mbak Nita: Wkakaa.. kita mah msh jaman jadul ya mbak

      Hapus
    4. @Nita&Wulan : Masa Iya Zaman SMA'a belum ada HP?
      Saya juga waktu itu pake HP Nokia 3120C lumayan udah bisa sinyal 3G :D

      @Wulan : anu apaan mba?

      Hapus
    5. Hahaa jaman kami sekolah dulu, masih pake surat mas.

      anu itu. Buku catatan maksudnya ahahaa

      Hapus
    6. pake surat-suratan zaman SD itu
      zaman SMA udah masuk zaman Alay, dimana kalo bikin status pasti minta like :v

      kirain anu'a Putra mba :D

      Hapus
    7. Hahaa zaman SMA kamu itu yaa :D

      Iya mas, saya sih pengen nya begitu.
      EEH APA TADI MAS?

      Hapus
    8. Kalo zaman SMA saya udah ada berarti mba lebih tua dari saya dong hahaha :D

      ANU'A PUTRA

      Hapus
    9. Ahahahaaa serba salah -__________________-

      BUKAN BUKAAAANN MAKSUD SAYA YA ITU, BUKU CATATAN TADI

      Hapus
  4. Hahaaa paha putra, tp jgn liat yg lain

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaa iya mbak,
      kalo gak sengaja liat yg lain, ya disyukuri aja. Itung-itung rejeki.
      Maksudnya catatan yg lain, gitu mbak

      hahaa

      Hapus
  5. Hmm.. sudahku duga.

    Waktu bukunya ditaro diatas paha Putra lu nggak salah lihat, kan?
    Sesuatu yang kusut, misalnya.
    Tulisan buku catatan yang kusut.

    Penasaran, nih, sama kisah Wulan dan Putra.
    Setelah aksi buka dan lihat. Mungkin ada cinlok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada sih gue liat yg kusut Dar. Tapi udah gue setrika juga anu yg kusutnya.

      AHAHAAAAA ENGGAK-ENGGAK
      INI GAK SEPERTI YG LU BAYANGKAN DAR.

      DASAR KORBAN FTV ! HUH

      Hapus
    2. anu yang kusut di setrika?
      memang bisa tulisan yang kusut di setrika?

      hmm. maksudnya apa ini dengan anu yang kusut di setrika?
      *mencoba berpikir positif

      Ngaku aja, deh.
      *ngancem sambil bawa gir.

      Gpp korban FTV, daripada korban perasaan.

      Hapus
    3. Bisa Dar. Gue mah udah ahli yg begituan.

      Iya, setrika buku catatan maksud gue :D

      BUKU CATATAN MAKSUD GUEEH. AMPUUN BAGINDA RAJA, JANGAN BAWA BAWA GIR!

      Hahaa pernah yaa?

      Hapus
    4. Mau dong disetrikain.

      Yaudin, gue bawa keluarga aja.

      Hapus
    5. Hahaaa yaudan sini buruan

      Iya iya, bawa keluarga lu ya. Jangan lupa bawa yg itu ..

      Hapus
    6. sabar dun.

      Bawa apa?
      bawa buku?


      buku nikah

      Hapus
    7. Iyaaa iya.. Gue sabar kok orangnya. Hahaa

      Bukaaaaaan...
      ayo tebak lagi?

      Hapus
    8. Hmm. apa, ya?
      Mahar? Roti buaya? Mecin?


      Apa dong?
      Oh. bawa yang kusut-kusut item.
      Jangan, ah. Malu. Masa mie ayam gosong di bawa.

      Hapus
    9. Hahaaa
      KUSUT KUSUT ITEM ?? :D :D

      HAHAA BUKAN BUKAN
      BUKAN SEJENIS MAKANAN. AH LU MAH GA PEKA -____-

      Hapus
    10. Terus apa dong.

      Hmm. :(
      Gue cuma takut salah sebut. Nanti diblokir Ipocan. :(


      Da aku mah apa atuh.

      Hapus
    11. AHELAH GITU DOANG TAKUT

      SEBUT AJAAA

      Hapus
    12. :(

      sabar, bu. Itu capslocknya rusak, apa lagi marah?

      Hmm. Kusut kusut item, ya.
      Itukan buku catatan yang tulisannya kusut pake tinta hitam.

      Betul, kan?
      Nyerah, deh. :(

      Hapus
    13. lagi marah karena capslock rusak. -_-

      Ahahaa bukan bukaannn.. kenapa malah msh bahas yg kusut2 item sih?
      wah waaah

      Hapus
    14. Rusak?
      Ngetiknya pake jari, jangan pake jempol kaki.

      Terus bawa apa, dong?
      Makanan bukan? buku bukan?

      Hapus
    15. enggak. gue ngetiknya pake tulang rusuk. Tulang rusuk gue, gue copot buat ngetik.

      kata kuncinya,, sejenis manusia
      hayooo apaan?

      Hapus
    16. Bener itu tulang rusuk lu?
      Punya gue kali.
      Tulang rusuk gue hilang soalnya.

      jangan jangan lu tulang rusuk gue yang hilang?
      hmmm..ayo ngaku
      *sambil bawa gir di tangan kanan.

      Sejenis manusia.
      Penghulu, bukan?

      Hapus
    17. Iya punya gue ini mah. Tulang rusuk gue ada tandanya, kemarin udah gue coret pake spidol item.

      AMPUUUN AMPUUN.. IYA IYA INI TULAN RUSUK LU.
      JANGAN BAWA GIR DONGGG
      ATUUT..

      anda benar sekali !
      Ah tapi lu lama nebaknya. -_-

      MANDI SONOO WOI.. KATANYA MAU MANDI ELAAH

      Hapus
  6. Itu kalimatnya kok ambigu gimana gitu ya ._. sebenernya kamu ngeliatin apa sih, Lan? KAMU LIATIN APAAN??!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emmm anu mas... ituu anu,
      Saya liatin anu nya Putra

      Hapus
  7. itu mungkin pacar lu lgi boncengan sama cabe''an yg di kulkas elu kali.

    ini kenapa emang akhirannya jadi serem ya. putra yg buka, terus elu yang liat. udh gitu dengan santainya lu kasih ke wali kelas elu. ini sedih sih sbnernya, tapi minta diketawain. ahahahhaha
    yaudah lah, lain kali elu aja yg buka. si putra yg liat. putra yg bolak-balik juga. gantian gitu. biar ga ngerasa ada yg dirugikan.
    *ngomong apa sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, yang dibonceng paling belakang elu kan Zi? ahaaa

      Nah itu dia. Kayaknya penulisan kalimat gue dikertas itu kurang pas. Jadinya temen2 dan guru malah mikir yg enggak2. Huhuu
      Yaah lu juga ikut ngetawain -___-

      Iya, pengennya sih gitu. Gantian. Sekali2 gue kek yg buka..
      Biar saling menguntungkan

      APAAN INI

      Hapus
  8. Astagfirullohhaladzim mba, pengen ketawa bacanya juga, jadinya saling lihat2an :D *eh apasih* haha :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaa astagfirullohaladzim jugaa
      baru kali ini ada yg komen sampe nyebut segala. Hahaa :D

      Iya mba Alya, jadi saling lihat-lihatan gitu :D seruu

      Hapus
  9. ASTAGHFIRULLAH!!!! TEH WULAN!!!!! ANAK 16 TAHUN NGEBACA TAU NGGAK?! Aku ngerti nggak ngerti euy masalahnya. x))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahahaaa udah 2 orang yg ngucap di komen :D

      Aaaa kamu bohong dek, kamu 21 tau. Pura-pura gak ngerti nih :D

      Hapus
  10. Pantes Wulan tiba-tiba sms aku. Ternyata gitu. Okee. Cukstaw.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tu-tunggu dulu Vin..
      Vinoo

      Aku bisa jelaskan semua ini
      TU..
      TUNGGU DUL..

      HUH

      Hapus
    2. Tapi... gak bisa gini dong
      hiks hikssss

      Hapus
  11. Suka sama isi tulisan ini, izin bookmark ya mbak hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah wah terimakasih ya. Alhamdulillah ada yg suka :)

      Iya silahkan mas :)

      Hapus
  12. Gue juga pernah sekelas dapet bagus semua, eh diadain ujian ulang. Secara lisan. Nilai asli gue 8, berubah menjadi 6. Padahal gue nggak nyontek. Gue bener-bener menghafal. Pas ujian lisan dadakan, ya gue kagak siap. Kampret. :(

    "Jadi Putra yang buka, dan saya yang lihat." Putra buka celana, saya lihat dia pake boxer gambar Dora warna pink. Gitu. :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaaa gue juga pernah gitu yog. Yg anehnya lagi pas ujian lisan, soal yg dikasih malah beda dgn yg soal diujian tertulis.
      Gue marah dong ke gurunya. Sampe nangis. Ahahaaa

      kenapa harus buka celanaaa yogg??
      HAHAAA BOXER DORA WARNA PINK.. LEH UGA U

      Hapus
  13. pelajaran kimia bikin otak muter :D

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.