Mantan itu ......

Senin, Januari 12, 2015






Mantan.. Kalo kita nyebut ‘mantan’, pasti semua orang langsung ngerti sendiri kalo yang dimaksud itu adalah mantan pacar. Padahal kata mantan, bukan hanya di gunakan untuk menamai status bekas pacar. Bisa juga digunakan untuk menyebutkan , mantan presiden,mantan kepala sekolah, atau mantan gebetan misalnya. *yang terakhir bukan true story
Satu kata itu pasti memiliki makna tersendiri bagi setiap orang. Ada yang jadi nangis bila mengingatnya,ada yang emosi, dan ada juga yang malah senyum-senyum sendiri ngingatnya. Itu semua tergantung dengan bagaimana kita menyikapi hal yang dinamakan dengan ‘mantan’.

Mantan itu seseorang yang pernah hadir untuk kita dan berbagi kehidupan bersama.
Mantan juga lah, orang yang dulu pernah kita impikan untuk terus tetap bersama sebelum akhirnya harus berpisah.
Mungkin aja karena dia ketahuan selingkuh,ketahuan nyuri mangga emak lo,atau juga mungkin karena dia punya cita-cita yang unik. Jadi tukang php..
Karena berbagai alasan itu, hubungan yang dulu sempat terjalin harus berakhir begitu saja. Ada yang tersakiti? Ya pasti dong
Merasa kehilangan setelahnya? Ya jelas
Tapi, itu semua memang tahap bagi kita untuk melangkah kedepan dan mengutip sampah  setiap hikmah yang ada kemudian di pelajari kedepannya.

Banyak banget kejadian yang bikin gue gak habis pikir.
Apa susahnya sih berteman baik lagi dengan mantan ? Bukannya dulu sebelum jadian lo juga pernah berteman sama dia?
Kalo udah kayak gini, ibarat nyari pacar sama dengan nyari musuh. Karena semakin banyak orang yang jadi pacar lo,trus putus, maka semakin banyak juga musuh lo.
Pikiran yang pendek !!

Lupa apa yaa, dulu pas pacaran pernah bilang,
‘’ aku gak bakal tinggalin kamu kok ‘’
‘’ aku kangen kamu sayang ‘’
‘’ I love you ‘’

Dan sekarang berubah jadi satu kalimat,
‘’ gue gak pernah punya mantan kayak dia tuh ‘’
MIRIS PEMIRSAA~   


Dari dulu gue udah bertekad kalo suatu saat gue pacaran, trus punya mantan. Gue bakal tetap ngejalin hubungan teman walau apapun penyebab kandasnya hubungan gue sama dia saat itu. Kalo jumpa dijalan ya sekedar ngelempar batu   senyum, apa salahnya? Atau nyapa namanya.
Tapi inget, panggil nama yang sebenarnya, misalkan :
‘’ Hai Andi, apa kabar lo ? ‘’
Jangan panggil nama yang lo gunain pas pacaran dulu,
‘’ Hai sayang, apa kabar baby ? ‘’

Gue bisa pastikan, saat itu juga, hari itu juga, detik itu juga dia akan tewas mengenaskan !

Dendam ??
Apa gunanya kejahatan dibalas dengan dendam ?  Itu semua malah tambah hidup lo jadi ruwet. Mau ngapa-ngapain juga serba salah, mau kesana-kesini, pikiran kacau karena mikirin dendam yang gak ada habisnya itu.
Dulu,gue pernah pacaran sama temen sekelas pas duduk dikelas 1 SMK. And you know, dia selingkuh dari gue. Bukan ngeduain gue, tapi nge tigain..
Nge tigain broohh
Iya, nge tigain   *ngusap air mata
gak bohong deh gue, *narik ingus 

Gak papa, gue mah woles aje pas tau berita itu. *padahal telinga gue udah berasap pemirsaaahh
Well, kita putus dan akhirnya berteman baik.
Setelah putus, gue masih sekelas sama dia 3 tahun lamanya. Ya, gue nganggap dia Cuma sebagai teman dengan status mantan dari gue. Dia masih baik ke gue, masih suka ngejahilin gue.
Kadang kalo lagi ada waktu kosong, kita juga sering becandaan bareng, gila-gilaan kayak orang dodol. Bahkan sampe sekarang kami masih sering curhat-curhatan tentang masalah pacar masing-masing. Yaa meski kadang gue kebingungan sendiri karena pusing buat nginget nama pacar yang selalu berbeda-beda kalo lagi dia curhat.
Kenapa gue gak dendam? Kan udah DI TIGAIN ??
Jujur, gue gak ada perasaan dendam sedikit pun. Malah gue jadi ngerasa seneng. Iya seneng, karena dengan kejadian dia yang ketahuan nge tigain gue, gue jadi tau kalo dia bener-bener orang yang gak pantas jadi pacar gue. Dan karena itu gue ngakhiri hubungan itu.

Mantan, bukan seseorang yang harus kita lupain gitu aja. Bukan dia yang sering kita campakkan setelah resmi mendapat gelar status mantan.
Coba deh, lo inget-inget lagi hal-hal indah yang pernah lo lakuin berdua bareng dia. Semua kebaikan dia, tingkah lucunya, itu semua gak bakalan bisa terhapus di memory kita. Sekali pun lo udah move on.
TAPI TUNGGU !!
Maksud gue disini, bukan berarti karena inget kenangan sama mantan, lo jadi terkurung dalam masa lalu. Lo jadi susah move on, jadi terbayang dia terus setiap saat..
Gak, bukan gitu maksud gue. Gue cuma pengen kita sama-sama belajar dari setiap penyebab yang bikin hubungan lo gagal dulu, jadi pelajaran untuk ke depannya.
Mengingat kenangan dulu, belum tentu itu artinya lo masih suka sama dia kan?
Mengenang saat bareng sama dia dulu, bukan berarti bikin lo jadi susah move on kan?

Mantan ..
Orang yang dulu pernah ngebikin hari-hari kita jadi berwarna
Orang yang dulu pernah mengukir senyuman di bibir kita
Orang yang dulu selalu kita rindukan
Orang yang dulu selalu kita sayangi
Orang yang pernah membagi waktunya dengan kita
Orang yang sempat berbagi kisah hidupnya dengan kita
Orang yang bisa membuat kita tertawa terbahak-bahak
Orang yang bisa membuat kita menangis terisak
Dan
Mantan jugalah, orang yang dulu pernah kita selipkan namanya di setiap harapan dan doa yang kita panjatkan.

Meski mantan itu bagian dari masa lalu kita, cukuplah untuk membencinya.
Intropeksi diri sebelum melangkah lebih lanjut kedepan. Karena setiap orang pasti gak pernah ingin sebutan ‘mantan’ ada dan semakin banyak didalam hidupnya.

Happy Blogging J




Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.