B.E.D.A

Sabtu, November 29, 2014


It's nonsense, right?? (y)

Okay, kalo yang dimaksud dari kata BEDA disitu cuma perbedaan sifat,tingkah laku,hobby,tingkat pendidikan,
So, how about different of religion? Itu tu gak segampang ngucapin satu kalimat diatas tadi.
Perbedaan agama adalah faktor masalah terberat bagi banyak orang untuk menjalin hubungan. Dan pastinya mereka akan berfikir berulang kali untuk mengambil keputusan yang tepat.
Keputusan yang mereka ambil, masing-masing akan membawa sedikit-banyak resiko yang sama sekali gak bisa dihindari. Gak usah cari contoh yang jauh, disini aku bakalan nge-share the real story yang pernah aku alami.

Maret 2012
Aku menjalin hubungan dengan seorang cowok. Hubungan kami lancar dan berjalan dengan baik.
Meskipun terkadang aku agak merasa risih karena selalu di ganggu oleh Ariyanto, cowok china sekelasku. Ia selalu memohon dan meminta agar aku menerima cintanya.
Disitu aku sempat berfikir, ini cowok kok ngemis cinta banget sih. Padahal anak kelas lain banyak loh yang naksir dia, kakak kelas,bahkan anak SMP juga pada ngejer2 tu cowok.
Orangnya tinggi,kurus,kulit putih, dan bibir yang seksi. Sumpah, his lips so sexy. Kayak artis korea gitu deh.Aku aja sampe iri ngeliatnya,
Yang parahnnya, dia sempat meminta untuk jadi pacar keduaku. Karena saat itu aku memang udah punya pacar sebelumnya. Edan ki~
'' aku udah punya pacar wi '' ucapku sambil menatap lapangan sekolah dari lantai atas.
'' beneran? '' tanyanya pelan.
'' iya, '' balasku.
'' aku jadi yang kedua aja lan, Gak papa kok '' ujarnya meminta. Aku menggeleng lalu pergi meninggalkan awi yang terdiam dikoridor gedung tingkat dua.

Yaa namanya juga gak jodoh, hubunganku dengan pacarku berakhir kandas di Agustus 2012.
Yeah, so sad :( But, this is the real of life.
Aku galau banget, seminggu lamanya. Gimana gak galau, itu LDR terlama yang pernah ku jalin. Tau kan gimana beratnya mempertahankan LDR? Tau kan gimana sakitnya nahan rasa kangen? Tau juga kan betapa sulitnya ngasi kepercayaan ke pacar yang jauh disana?
Dan semua itu terpaksa harus END !!
Entah kenapa, setelah kembali menyandang status jomblo, eh single. Lee Awi (nama chinesse Ariyanto) gak pernah menggangu aku lagi. ia bahkan jarang sms aku.
Gak kayak dulu lagi, tiap jam rutin gangguin aku. Saat itu aku benar-benar merasakan kehilangan seseorang yang padahal sama sekali gak bikin aku nyaman, yaap aku kehilangan orang yang selama ini sering membuatku risih dengan gangguannya.
Setiap masuk ke kelas, yang pertama kali ku lihat adalah wajah Awi.
GLEKK !! Aku seperti terhipnotis. I'm fallin' love with u lee awi

Tapi, apa dayaku sebagai makhluk yang berstatus female ini. Aku gak bisa ngapa-ngapain selain cuma diam,memperhatikan dari jauh,dan yang paling sakit itu memendam.Kadang rasa jealous itu hinggap ketika beberapa temen cewek sekelasku mencoba mendekati serta mencari perhatian dari awi.
But, i can't do anything :(
Daripada mendam rasa gini, akhirnya aku mencoba curhat ke sarah dan lisa. Teman deketku disekolah itu. Karena cuma merekalah yang punya pemikiran dewasa untuk memberi solusi.
'' Awi juga pernah cerita ke aku tau, dia pernah nembak kamu  tapi kamu tolak '' ujar sarah yg emang temen sebangkunya awi.
'' Tapi sar, itu kan dulu. Sekarang aku suka sama dia sar, tapi mau gimana lagi. Kayaknya dia udah gak suka lg deh ke aku, atau jangan2 dia dendam sm aku karena pernah aku tolak dulu. I think, He hate me '' aku bersandar dipundak sarah.
'' Gak deh lan, jangan ngomong gitu. Kalo menurut aku, awi sering loh memperhatikan kamu. '' Lisa mulai membuka mulut. Aku kembali duduk tegap, sebuah ucapan yang barusan ku dengar seolah bisa menyegarkan perasaanku lagi.

Suatu hari di jam istirahat, aku enggan ke kantin. Rasanya males banget buat gerak-gerak lagi.
Tiba-tiba awi datang dan duduk disampingku. DEG !
'' Gak ke kantin lan? ''
'' enggak, lagi males nih ''
Suasana kembali hening.
'' Lan ''
'' iya wi ''
'' Boleh ngomong gak? ''
'' boleh, apa tu? ''
Awi menarik nafas panjang kemudian diam. Hening, LAGI~
Jantungku mulai berlomba memacu degupnya dengan kencang.
Dari kejauhan sarah ketawa cekikikan sambil teriak keras,
'' cie cieeee ''
Anak-anak lain yang adaa didalam kelas menoleh ke arah aku dan Awi, dan udah bisa dipastikan. Suasana jadi hancur.
Awi mendadak malu karena udah di cie-cien sarah, ia pergi keluar.

'' gila deh lo. Tadi tu udah mau acara nembak taukk !!! eh kamunya datang ngerubah suasana jadi hancur.
Aaah gitu amat sih '' omelku ke sarah saat pulang sekolah.
Sarah merasa gak enak hati dan bolak-balik ngucapin sorry ke aku. Okay,fine :)



Tepat ditanggal 08 Oktober 2012. Hari senin, jam 14:35, di jam terakhir, di mata pelajaran kimia yang diajar oleh Miss Ella, di pojokan kelas dikursi belakang, awi nyatain cintanya ke aku.
'' Lan, aku mau ngomong ''
'' iya, ngomong aja '' aku tetap fokus mencatat penjelasan Miss Ella yang dia ukir dipapan tulis.
'' berhenti dulu kek nulisnya, liat kesini dong ''
'' iya aku denger kok, ngomong aja. '' ucapku lagi.
'' gak jadi '' susulnya singkat.
Aku menghela nafas kemudian meletakkan pena diatas meja.
'' well, what you want to say,? ''
'' Aku suka kamu lan.Kita jadian yuk '' Awi tampak gugup.
'' jadian? ''
'' iya, pacaran. kita pacaran. '' jelasnya lagi.
'' hmmm ''
'' kamu udh ada pacar lg ya? '' tanyanya melemah. aku menggeleng cepat. Kemudian diam dan hening.

*biasaa cewek, kalo lagi ditembak pasti sok-sok jual mahal gak jelas gitu. hahaa
'' mau lan? '' pintanya lagi. Aku mengangguk pasti.
'' iya aku mau wi, '' ucapku menjelaskan. Senyuman terlihat mengambang diwajah Awi, matanya yang sipit sampe gak keliatan.
Hari itu kami resmi jadian. Awi memang bisa banget manjain aku.
Dalam seminggu beberapa anak sudah mulai tau kalau aku dan awi memiliki hubungan. Walaupun belum semua anak dikelas, tapi aku yakin cepat atau lambat mereka semua bakalan tau.
'' Pagi cinta '' Itu sapaan yang selalu aku dengar setiap pagi. Saat aku hendak masuk ke kelas, awi pasti udah stand by didepan pintu nungguin aku.
'' Pinjem hp dong '' ujar awi.
'' buat apa? ''
'' minta foto kamu sayang, Biar aku kirim ke hp aku '' aku menyodorkan hp ku padanya. Awi yang duduk dikursi belakang asyik mainin hp yang ada dilacinya.
Dan ia sama sekali gak nyadar kalo wali kelas saat itu udah masuk ke ruangan.
Karena curiga, Bu Res mendekati meja awi dan benar saja, bu res mendapati awi sedang memainkan hp.
'' sini hp nya '' ujar Bu res. Awi menyodorkan hp nya, sedangkan hp ku disembunyikannya didalam saku nya.
Bu Res, wali kelas plus guru yang paling usil sedunia. Bu res mengambil hp awi, dan membuka-buka file didalamnya.
'' memory card '' ujar bu res memainkan hp awi didepan kelas dan dihadapan seluruh anak.
'' foto '' ujarnya lagi.
'' Received File ''
DEGG !! Jantungku serasa copot. Mati deh aku, haduuhhhh
Bu res mengerutkan kedua alisnya.
'' Loh, kok di hp kamu banyak foto Wulan? Ya ampun banyak sekali ini '' ujar wanita itu.
Bu Res mengerutkan alisnya, heran kali yaa kok ada foto makhluk astral di hp siswa nya.
Seisi kelas mendadak hiruk pikuk, terutama anak cewek.
Awi senyum-senyum sambil menunduk.
Aku gak tau harus ngapain waktu itu. Keringat dingin mengucur deras, belum lagi tatapan mata anak-anak yang mulai menyorot ke arahku.
'' they have inrelationship miss, '' pekik sarah dari kursinya. Bu res tertawa kemudian manggut-manggut. Seluruh kelas heboh bukan main.
'' jadi kalian pacaran ya? '' tanya bu res. Aku diam.
'' iya bu '' jawab awi semangat.
'' oke, oke. Sarah kamu pindah ke kursi wulan, dan wulan pindah ke kursi sarah. '' perintah guru itu. Aku terkejut.
Setau aku, kalau guru tau bahwa ada muridnya yang pacaran dgn teman sekelas, guru tersebut pasti akan menjauhkan atau menjaga jarak antara kedua murid itu. Nah, yang ini kok beda ya..
Guru ku malah nyuruh kami duduk sebangku. Hahaaaa gak habis fikir deh :D

'' yees bisa dekat sama cewekku '' ujar awi saat aku meletakkan tasku di kursi sebelah ia duduk.

Bagi ku awi bukan hanya sekedar pacar, ia juga bisa melindungi serta menjagaku.
Kegiatan yang paling sering kami lakukan dikelas adalah, nonton. Dari jam 7 pagi sampai jam 3 sore, asli kami gak ada beranjak dr kursi. Siapa yang gak betah coba, duduk berdua sama pacar sambil nonton film dilaptop. Wkkwkww =D
Kadang, kalo lagi bete sama pelajaran awi nantangin aku main game di hp. Sensansinya itu seru bangeettt
Ada persamaan yang sama diantara kami. Sama-sama tukang sakit gigi :D
Gigiku emang udah lama berlubang di geraham kiri. Sedangkan awi di geraham kanan.
Akhir2 ini sakit gigi sering banget kumat. Aku masih inget beberapa bulan yang lalu waktu gigi ku sakit, aku sampe nangis-nangis kejer trus duduk didepan kulkas. Sakitnya minta ampun parahnyaa
Pokoknya kondisi aku saat itu gak jauh beda sama orang hamil yang sedang ngalami kontraksi akan melahirkan. Nangis histeris, merengek-rengek,teriak habis-habisan.. it's so sad :(

Pas pelajaran PKN, sakit gigiku kembali hinggap. Maybe it's cause guru PKN yang membosankan. Iya, gimana gak bikin bosan, tiap kali menerangkan hobby banget ceramah gak jelas. Yang paling bikin ilfeel, pak guru PKN itu selalu menerangkan dengan ekspresi yang datar. Flat !!
Mau cerita serius, cerita lucu,ngomong sama murid, pokoknya gak ada ekspresi banget. Senyum aja jarang. Gimaa anak-anak gak bosen tiap kali dia ngajar.
Dan, waktu itu aku bener-bener gak kuat nahan sakit gigi.
'' pulang aja yuk, biar aku antarin '' ujar awi sambil ngelus-ngelus pipiku yang mulai membengkak. Akhirnya aku pulang kerumah sambil nangis-nangis.
Beberapa hari setelah itu ibu ngajak aku untuk ke dokter gigi. You know, i must take the best choice. Gigi geraham harus dicabut.
Well, gigi geraham bagian depanku dicabut. huhuuu tapi gak papa deh, biar gak ada lagi gigi yang sakit.
Seminggu setelah itu aku mendengar kabar bahwa awi juga mencabut gigi gerahamnya. Emang, beberapa hari sebelumnya ia udah ngerasain sakit gigi juga.
Yaa, pasangan sakit gigi yang sama-sama udah mencabut gigi geraham depan. Hahaaa, gak tau deh kok bisa samaan gitu yakk

Hubungan sama awi berjalan baik. Meskipun kalo lagi smsan dia cuek bingits, kadang aku sampe kesel deh. Tapi kalo udah ketemu, dia romantis bangett :)
Ujian bulanan dibulan November udah selesai. Then, waktu hasilnya dibagikan aku kaget banget. Iyaa, nilai kami untuk beberapa mata pelajaran sama. Kalaupun ada nilai yg beda, itu juga beda nya di angka belakang koma doang. Heehee, gimana gak sama, kan selama ujian bulanan kemarin kami kerjasama berdua :D
Meskipun kadang kesel ngeliat awi pas ujian. Siapa yang gak kesel coba?
Awi tau banyak rumus matematika, daya ingatnya emang mantap. Beda sama aku yang paling anti banget sm matematika. Alhasil waktu ujian matematika, aku selalu nanyain rumus ke awi. Awi ngasi tau rumusnya ini-itu and then aku yang ngerjain soalnya sampe tuntas. Sementara awi sibuk menggambar dibukunya.
Santai amat hidup ni bocah yakk -,-
'' wi, rumus no 3 apa? ''
'' wi, yang no 17 itu gimana sih rumusnya? ''
'' yang essay rumusnya ini bukan? ''
'' wi, rumus no 18 wi, cepet-cepet.. aduh cepetan dong '' aku merengek minta rumus percis kayak orang yang gak makan 3 hari. Sementara awi cuma ngejawab,
'' bentar ya sayang ya ''
Mending di balik kata bentarnya itu dia lagi fokus mikirin rumus yang bener-bener tepat, eh ni enggak.
'' bentar, ini gambarnya tinggal dikit lgi siap. bentar ya, gak lama kok ''
Sumpeehh, kesel banget. Pengen ngacak-ngacak rambut awi deh rasanya !!
Pokoknya mau apapun mata pelajaran yg sedang di ujiankan, awi pasti gak pernah absen untuk menggambar animasi dikertasnya.

Pagi itu aku datang telat, karena itu aku langsung meletakkan tas di pos satpam dan masuk ke barisan apel pagi yang rutin dilakuakan setiap hari. Dengan nafas yang ngos-ngosan aku mencoba tenang sambil nyempil dibarisan belakang.
'' Lan, awi mana? '' tanya Bikki, teman dekat awi dikelas.
'' enggak tau, belum datang kali '' balasku sambil mengatur nafas.
'' awi dikelas tuh, dia kecelakaan tadi. '' ujar sebuah suara. Aku kaget.
Seusai barisan dibubarkan, aku buru-buru ke kelas. Benar banget, dikelas awi terlihat sedang duduk dengan muka menahan sakit. Celana panjang yang ia kenakan robek dibagian lututnya, luka menganga yang masih berdarah mengucur deras dikakinya. Sikunya juga berdarah, jari-jarinya lecet.
'' Ya ampun awi... '' pekikku. Awi dibawa ke UKS.
Hari itu aku sama sekali gak tenang mengikuti pelajaran, pikiranku cuma ke awi yg lagi di obati di UKS. Aku menoleh kesebelah kiri, ke kursi awi yg ada disebelahku. Kosong !!
'' Excuse me miss, '' aku ngeloyor pergi keluar kelas. Kemana lagi kalo gak ke UKS.
Diruangan berukuran 5 x 7 meter itu, aku menemukan awi sedang tertidur.
'' awi, '' panggilku. Cowok itu mengucek mata sipitnya.
'' eh, kok kesini? gak belajar?'' aku menggeleng cepat.
'' kok bisa kecelakaan sih?'' tanyaku penasaran.
'' karena mikirin kamu '' jawabnya gombal. Aku manyun lalu duduk disebelahnya.
'' serius tau, kamu pake helm tadi kan? '' Awi menggeleng.
'' huuu, untung deh kepala kamu gak kenapa-kenapa.''
'' kalo kepalaku kenapa-kenapa, ntar aku gak bsa mikirin kamu lagi dong '' ujar awi lagi.
'' iihh awi, aku serius nih. Bete banget deh '' Aku cemberut. Awi ngakak puas.
'' tadi tu, aku gak sengaja hampir nabrak ibu-ibu. Habis, ibu-ibu itu masak berhenti mendadak, kalo berhentinya dipinggir ya gak papa, eh ini berhenti ditengah jalan. Otomatis aku langsung ngelak ke kanan, gak tau kenapa tiba-tiba kecepatan motorku makin laju ya akhirnya aku jatuh trus terseret. Liat nih,celana ku jadi robek '' Awi nunjukkin celananya yg robek.
'' tapi gak papa deh, keren kan? '' timpalnya lagi. Aku menjulurkan lidah,
'' Weee, keren dari mananya? celana robek kok keren '' Ucapku. Sekitar 15 menit, ku habiskan waktuku untuk menemani awi di UKS.
'' ntar siang aku kesini lagi ya, kamu jangan kemana-mana. Ntar kita makan siang bareng disini. Byee '' Aku keluar dari UKS.

Dibilang serius, iya aku memang serius dengan awi. Keliatannya awi juga begitu. Satu hal yang paling membuatku pengen nangis. Ya itu tadi, cause different.
Memang disetiap mata pelajaran yang kami pelajari, kami selalu ada satu meja. Tapi, yang paling bikin nyiksa itu pas dipelajaran agama. Awi harus keluar beserta anak chinesse lainnya keruangan agama mereka. Sedangkan anak muslim tetap dikelas.
Kapan? kapan aku sm awi bisa belajar bareng dipelajaran agama?? Aku pengen banget itu terjadi :(   But, it's impossible.

Awi, cowok yang kadang suka cuek tanpa sebab. Meskipun gitu, dia gak bisa membuatku jatuh cinta ke cowok lain selain dia.
Malam ketika tanggal 25 Desember 2012, Awi datang kerumahku. Disana kami cerita konyol,seru-seruan hingga jam menunjukkan pukul 10 malam.
'' love u ''
That the last setences his say to me.

Pagi hari tgl 26 Desember, saat libur panjang sedang berlangsung.
Entah fikiran apa yang tiba-tiba muncul dibenakku seusai aku bangun dari tidurku. Saat itu aku berfikir, buat apa hubungan ini dilanjutkan lagi, toh kedepannya kita sudah tau apa yang akan terjadi. Iya, aku dan awi gak bisa nyatu. Agama kami beda, BEDA !!
Percuma juga kalau diteruskan, itu cuma hal yang ngebuang-buang waktu. Gak ada gunanya.
Akhirnya aku memutuskan hubungan yang gak akan pernah nyatu itu tanpa ditebak lagi. Aku ngirim sms ke awi dengan linangan air mata.
15 menit kemudian, awi datang kerumahku tiba-tiba.
'' kenapa kita harus putus? " tanyanya. Aku nunduk diam.
'' alasannya apa? '' ulangnya lagi.
'' kita tu beda wi, kita beda. Sampai kapanpun, kita tetap beda. '' ujarku tegas walaupun sebenernya pengen nangis banget.
'' karena itu? ''
Aku mengangguk.
'' oh yaudah, aku pulang ya. '' Awi beranjak pulang dan meninggalkanku begitu saja. Tak ada perlakuan romance yg biasanya ia lakukan padaku.  Ku tatap punggungnya yang dibalut baju kaos warna merah itu. Airmata ku menetes seolah tak sanggup lagi menahan tangis yang ku pendam sedari tadi.
Itu lah saat terakhir aku berjumpa dengan Awi.
Awal Januari 2013. Kami gak pernah bertemu lagi, semester 2 dikelas 2 SMK adalah dimana kegiatan belajar mengajar ditiadakan selama 4 bulan lamanya. Dan semua anak harus menjalani PKL (Praktek Kerja Lapangan) di masing-masing bidang industri yang mereka pilih.
Aku dan awi lost contact, bahkan aku tak tau perusahaan mana awi melakukan PKL nya. Selama 4 bulan lamanya, masuk ke bulan ke 5 semua anak diharuskan kembali kesekolah lagi.
Ketika itu aku juga tak bertemu awi. Sebulan setelah itu awi dikabarkan pindah sekolah ke Bengkalis.
Goodbye awi,
Jaga diri kamu baik-baik yaa :)
Thanks buat semua yg pernah kamu lakuin ke aku.







Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.